Wali Kota Madiun Tertarik Gunakan JPU Tenaga Surya Rakitan Mahasiwa Unipma

Wali Kota Madiun, Maidi, tertarik untuk menggunakan penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya hasil kreasi dari mahasiswa Universitas PGRI Madiun (Unipma).

Wali Kota Madiun Tertarik Gunakan JPU Tenaga Surya Rakitan Mahasiwa Unipma Seorang mahasiswa Unipma Madiun menunjukkan alat kontroler penerangan jalan tenaga surya bikinan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipma, Kamis (27/2/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com) Seorang mahasiswa Unipma Madiun menunjukkan alat kontroler penerangan jalan tenaga surya bikinan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipma, Kamis (27/2/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Wali Kota Madiun, Maidi, tertarik untuk menggunakan penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya hasil kreasi dari mahasiswa Universitas PGRI Madiun (Unipma). Pemanfaatan PJU tenaga surya dinilai lebih hemat dan lebih ramah lingkungan.

    "Saya tertarik untuk memanfaatkan PJU tenaga surya. Kalau mereka bisa produksi bagus, kita sewa," kata Maidi seusai melihat hasil kreasi dari mahasiswa Unipma di ruang pertemuan Kecamatan Kartoharjo, Kamis (27/2/2020).

    Dia meminta kepada Unipma supaya membuat penerangan jalan yang memanfaatkan tenaga surya itu dalam jumlah yang banyak. Pemkot Madiun nantinya akan memanfaatkan produk PJU tenaga surya itu dengan sistem sewa.

    Seorang Wanita Meninggal Dunia Tertabrak KA Sancaka di Madiun

    Nantinya PJU tenaga surya itu akan dipasang di jalan-jalan wilayah pinggiran yang selama ini belum memiliki penerangan jalan. Seperti di wilayah Pilangbango.

    Menurutnya, pemanfaatan tenaga surya ini lebih hemat dibandingkan dengan listrik PLN. Selain itu, dengan sistem sewa juga akan menghemat anggaran daerah.

    "Nanti akan kita sewa. Satu bulan berapa? Satu tahun berapa? Dan nanti perawatan kan ada mereka semua. Itu mungkin lebih bagus dan lebih hemat," jelas Maidi.

    Dia menantang supaya para mahasiswa Unipma bisa serius untuk memproduksi penerangan jalan umum tenaga surya itu secara seriuh. Pemerintah juga akan segera mengalokasikan anggaran untuk itu.

    Desa Ngrupit Ponorogo Jadi Sentra Jambu Kristal

    Kepala Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Nurulita Imansari, mengatakan akan membuktikan tantangan dari Wali Kota Madiun Maidi. Menurutnya, PJU tenaga surya yang dikreasikan mahasiswa Unipma memang layak untuk digunakan.

    Sebelum dipasarkan, produk PJU tenaga surya ini terlebih dahulu diuji coba di kampus. Tidak hanya Kota Madiun, sebelumnya beberapa daerah seperti Ponorogo, Tulungagung, dan Magetan telah menggunakan hasil karya mahasiswa Unipma itu.

    "Kami tentu siap untuk tawaran yang diberikan Wali Kota," kata dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.