Whatsapp Sediakan Fitur Untuk Cek Hoaks

Whatsapp menambahkan fitur Searching the Web untuk mencari kebenaran informasi yang disebar secara masif.

Whatsapp Sediakan Fitur Untuk Cek Hoaks Whatsapp. (whatsapp.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Banyak informasi bohong alias hoaks bertebaran di dunia maya dan layanan perpesanan. Salah satu media yang kerap jadi sarana penyebaran berita bohong adalah Whatsapp. Wajar saja karena aplikasi perpesanan ini menjadi terpopuler, terutama di Indonesia.

    Kini Whatsapp melengkapi fiturnya untuk mengantisipasi penyebaran berita hoaks ini. Kini pengguna WhatsApp dapat mencari informasi di situs internet dari pesan yang telah diteruskan (forward). Fitur ini dinamai Search The Web untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terhindar dari hoaks.

    Seperti dilansir detik.com, Dengan fitur ini, saat pengguna menerima pesan yang diteruskan WhatsApp akan memberikan tambahan ikon dalam bentuk kaca pembesar yang muncul di samping pesan. Saat ikon tersebut diklik maka pengguna akan diarahkan untuk mencari pesan tersebut melalui browser.

    Sssttt…Whatsapp Siapkan Kejutan Baru Lho

    Untuk menjaga privasi pengguna, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengunggah teks dari pesan tersebut ke dalam browser tanpa whatsApp melihat isi pesan tersebut.

    Dengan begitu enkripsi end-to-end tetap terjaga karena pengguna adalah orang yang mengirim konten pesan yang diteruskan ke browser mereka.

    Platform perpesanan ini mulai menandai pesan yang diteruskan pada tahun 2018. Dan di awal tahun ini, WhatsApp juga telah membatasi jumlah pesan yang dapat diteruskan untuk mencegah pengiriman pesan yang masif.

    Dengan adanya fitur tersebut pengguna dapat memverifikasi pesan yang mereka dapatkan secara mandiri melalui pencarian di mesin Google.

    Hore! Whatsapp Kini Bisa Lakukan Panggilan Video Delapan Orang Sekaligus

    Dilansir dari XDA-Developers, fitur 'search the web' sudah mulai tersedia hari ini namun baru beberapa negara saja seperti Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat. Fitur ini akan tersedia di semua platform dari Android, iOS, dan WhatsApp Web



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.