Yuk Main Game Buatan Mahasiswa UMS Biar Tidak Jenuh Saat Pandemi Covid-19

Game "Pandemic Walker" mengenalkan langkah pencegahan penyebaran Covid-19

Yuk Main Game Buatan Mahasiswa UMS Biar Tidak Jenuh Saat Pandemi Covid-19 Ilustrasi Game mobile (Liputan6.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Ada beragam cara untuk mengatasi kebosanan selama di rumah saja akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan bermain game. Ada sejumlah game yang bisa dimainkan secara online maupun offline.

    Namun, tidak ada salahnya memainkan game yang dibuat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS). Nama gamenya Pandemic Walker.

    Game edukasi tentang Covid-19 itu dibuat Eza Krismayanti dari D3 Keperawatan dan Mochamad Risky Tri Yulianto dari S1 Teknik Elektro UMS. Proses pembuatan permainan ini pun memakan waktu dua minggu.

    Kreativitas Seorang Guru di Probolinggo Saat Libur Karena Corona

    "Kami mencoba membuat permainan sederhana yang mengenalkan langkah pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Eza seperti diberitakan Liputan6.com, Sabtu (16/5/2020).

    Eza menuturkan, untuk bisa memainkan game edukasi ini tugas pemain adalah melewati kota yang banyak dihuni penderita Covid-19. Agar bisa ke luar kota dengan aman, pemain harus mencari masker dan memakainya.

    "Kalau ketemu wastafel, virus di sekitarnya juga hilang karena cuci tangan. Terakhir jaga jarak agar virus corona jenis baru atau Covid-19 tidak tertempel dan mengurangi poin pemain," ujar dia.

    Situs Ini Bisa Mengecek Kamu Sudah Siap Nikah Atau Belum

    Dia mengaku dengan membuat permainan tentang Covid-19 ini bisa mengurangi stresnya. Apalagi ia sudah mulai tidak nafsu makan, sering pusing, dan malas beraktivitas biasanya bermain game.

    "Sebelum buat permainan ini saya mengalami stres, cemas dan bosan dengan kondisi yang tidak pasti ini. Ditambah dengan banyaknya informasi yang kurang menggembirakan di tengah pandemik corona," ujar dia.

    Alur Cerita

    Proses pembuatan game edukasi ini, Eza Krismayanti dan Mochamad Risky Tri Yulianto dibimbing oleh Lukman Hakim. Menurut Lukman, proses pembuatan game "Pandemic Walker" ini butuh waktu dua pekan.

    Pesona Empat Destinasi Wisata Sejarah di Madiun

    "Persiapan kami saat membuat permainan ini adalah buat alur cerita, menyiapkan materi di dalam permainan hingga output permainan yang diharapkan. Kami pun memberikan panduan pencegahan penularan virus corona di permainan "Pandemic Walker" ini," ujar Lukman.

    Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) UMS Junaidi Fery Efendi mengapresiasi produk inovasi mahasiswa berupa permainan edukasi ini.

    Dar! Petasan Meledak di Ponorogo, 1 Orang Tewas 8 Terluka

    Dia menuturkan, permainan "Pandemic Walker" dapat menjadi sarana belajar masyarakat tentang virus corona jenis baru atau Covid-19 selama di rumah. "Sudah ada beberapa inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa UMS di tengah pandemik Covid-19, salah satunya permainan game edukasi [Pandemic Walker] ini," katanya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.