11 Santrinya Positif, Pondok Gontor Siapkan Gedung Khusus untuk Tangani Covid-19

Sebelas santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Ponorogo terkonfirmasi positif Covid-19.

11 Santrinya Positif, Pondok Gontor Siapkan Gedung Khusus untuk Tangani Covid-19 Gedung tiga lantai yang disiapkan untuk kantor Satgas Covid-19 di Pondok Gontor. (Istimewa/Pondok Gontor)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Sebelas santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Ponorogo terkonfirmasi positif Covid-19. Atas kondisi itu, pihak Pondok Gontor pun melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

    Pengurus Pondok Gontor pun kini menyiapkan satu gedung tiga lantai sebagai Kantor Pusat Satgas Covid-19 Gontor. Bangunan yang memiliki puluhan ruangan tersebut menjadi pusat koordinasi Tim Satgas.

    Gedung yang akan digunakan sebagai kantor Satgas Covid-19 itu adalah gedung kantor Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM).

    Viral! Rumah di Ngawi Disebut-Sebut Dipindah Jin

    Wakil Ketua Satgas Covid-19 Gontor, M. Adib Fuadi Nuriz, mengatakan di gedung tersebut akan difungsikan sebagai kantor tim protokol kesehatan, tim logistik, tim pencegahan dan penanganan, serta keperluan lainnya.

    Setelah adanya belasan santri yang terkonfirmasi positif Covid-19, pihaknya akan lebih meningkatkan protokol kesehatan di lingkungan pondok.

    “Kami juga akan melakukan langkah-langkah strategis dan kerja sama dengan berbagai pihak. Seperti berkomunikasi dengan baik bersama Dinkes Provinsi Jawa Timur dan Dinkes Ponorogo. Selain itu, juga berkomunikasi dengan Satgas Provinsi Jatim dan Ponorogo,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Madiunpos.com, Sabtu (11/7/2020).

    Adib menjelaskan Pondok Gontor mendapatkan banyak bantuan dari berbagai unsur dalam menangani Covid-19.

    Seperti Legenda Rara Jonggrang, Giman Pindahkan Rumah Dibantu dengan Kekuatan Gaib

    Saat ini, Pondok Gontor memang sudah dilakukan karantina wilayah. Pihaknya mengklaim protokol kesehatan juga telah dijalankan sejak tiga bulan yang lalu. Seluruh santri dan ustaz diwajibkan mengenakan masker,mencuci tangan, dan berwudu.

    “Sejak muncul pandemi Covid-19, Pondok Gontor telah memberlakukan protokol kesehatan. Rutin mengecek suhu badan dan menyemprotkan disinfektan,” kata dia.

    Kegiatan belajar mengajar dan aktivitas santri di Pondok Gontor sejak pemberlakuan new normal juga hanya dijalankan sekitar empat jam saja. Aktivitas lain juga banyak dikurangi. Para santri lebih banyak beristirahat dan kebutuhan gizi serta vitamin dipenuhi.

    Selama masa pandemi, Pondok Gontor juga menerapkan karantina wilayah. Tidak ada santri yang bisa keluar masuk pondok, kecuali ada izin. Bahkan untuk kegiatan perkuliahan juga dilakukan secara online.

     

     



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.