Antrean Rapid Test Antigen Mengular di Bandara Juanda dan Padat di Stasiun Gubeng

Manajer Humas Bandara Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro,  mengatakan untuk mengantisipasi kepadatan, bandara membuka pendaftaran lebih pagi sejak pukul 03.00 WIB dan pengambilan sampel dilaksanakan mulai pukul 04.00 WIB.

Antrean Rapid Test Antigen Mengular di Bandara Juanda dan Padat di Stasiun Gubeng Antrean panjang untuk rapid antigen di Bandara Juanda. (Detikcom-Suparno)

    Madiunpos.com, SIDOARJO - Antrean rapid test antigen terlihat mengular di Bandara Juanda. Pihak bandara akhirnya menambah petugas kesehatan untuk memangkas antrean.

    Antrean berjam-jam juga harus dilakukan calon penumpang KA di Stasiun Gubeng Surabaya. Bahkan mereka harus antre sejak pagi untuk melakukan tes antigen tersebut.

    "Jadi penerbangan dari Bandara Juanda menuju bandara kota lainnya wajib menggunakan rapid test antigen. Sedangkan untuk tujuan Bali wajib menyertakan surat keterangan negatif tes swab PCR," kata Manajer Humas Bandara Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro, di bandara, Selasa (22/12/2020).

    Hari Ini Jokowi akan Kenalkan Calon Menteri Baru, Nama Risma dan Sandi Disebut-Sebut

    "Bandara Juanda juga telah memiliki layanan rapid test antigen dan antibodi yang berada di area pelataran parkir roda empat Terminal 1 (T1). Guna mengantisipasi kepadatan, respons kami adalah dengan membuka pendaftaran lebih pagi sejak pukul 03.00 WIB. Dan pengambilan sampel dilaksanakan mulai pukul 04.00 pagi," imbuhnya.

    Yuristo menambahkan biaya rapid antigen di Bandara Juanda yakni Rp170.000. Sedangkan untuk rapid antibodi senilai Rp85.000.

    "Layanan rapid ini cukup ramai saat ini. Mengingat lokasi rapid test ini cukup strategis dan sangat memudahkan untuk mereka yang akan berangkat dari Bandara Juanda," tambahnya.

    IDI Jatim: Bulan Ini Covid-19 di Jatim Lebih Mengerikan

     

    Tambah Kursi

    Menurut Yuristo, melihat antrean di area rapid antigen yang panjang, Bandara Juanda melakukan langkah-langkah untuk mengurai kepadatan.

    "Kami lakukan beberapa langkah antisipasi yaitu melakukan perubahan flow antrean pendaftaran, area tunggu pembayaran, pengambilan sampel, dan area tunggu pengambilan hasil. Selain itu kami juga menambahkan fasilitas kursi sebanyak 250 buah kursi dan tenda untuk antrean serta membagi air mineral," terangnya.

    Bandara Juanda juga menambah kuota layanan rapid antigen. "Hari ini kami menambah kuota sebanyak 100 untuk layanan rapid test antigen. Total keseluruhan rapid test antigen hari ini yang terlayani sebanyak 900 orang. Selain itu kami juga menambah SDM yang bertugas di area rapid. Yaitu 30 orang petugas Angkasa Pura Support, 11 orang petugas kesehatan dari Ultra Medica dan 15 orang dari pegawai PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Juanda, yang di antaranya adalah rekan-rekan yang dinas malam hari. Sebelumnya kami perbantukan untuk dinas pagi hari ini," jelas Yuristo.

    Lantik Menteri pada Rabu Pon, Presiden Jokowi Disarankan Ruwatan

    Selain melakukan langkah-langkah tersebut, Bandara Juanda juga berkoordinasi dengan pihak maskapai. "Saat ini maskapai telah membuka layanan reschedule atau refund dengan syarat calon penumpang wajib menunjukkan hasil rapid test antigen," ujar Yuristo.

    Yuristo mengimbau calon penumpang yang akan berangkat dari Bandara Juanda melakukan rapid antigen minimal sehari sebelum waktu keberangkatan.

    "Untuk persyaratan perjalanan yang menggunakan rapid test antigen itu berlaku 3 x 24 jam, maka dari itu kami mengimbau untuk melakukan rapid test antigen satu atau dua hari sebelum jadwal keberangkatan. Sehingga memudahkan saat keberangkatan nantinya. Rapid test pun dapat dilakukan di fasilitas kesehatan lain yang menyediakan di luar bandara, yang terdekat dari lokasi tempat tinggal calon penumpang," pungkas Yuristo.

    Menangani Orang Susah, Risma: Tanggung Jawab Mensos Berat

    Antre Sejak Pagi

    Sementara itu, penumpang KA di Stasiun Gubeng Surabaya harus antre sejak pagi untuk melakukan rapid antigen tersebut.

    Stasiun Gubeng Surabaya menyiapkan tiga lokasi rapid test antigen untuk penumpang KA yang belum memiliki surat bebas Covid-19 berdasar rapid antigen. Penumpang sendiri antre dengan duduk di kursi yang telah disediakan. Beberapa berdiri.

    Di tiga lokasi itu, tampak ratusan penumpang mengantre. Awalnya mereka mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan menunjukkan tiket pemesanan KA. Lalu mereka akan menunggu panggilan untuk dilakukan rapid antigen. Setelah itu, penumpang menunggu hasil rapid antigen keluar.

    Jokowi Reshuffle Kabinet, PKB Optimistis Posisi Kader Aman

    Manager Humas PT KAI Daop 8, Suprapto, mengatakan antrean rapid antigen di Stasiun Gubeng Surabaya dibuka sejak pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

    "Sejak pagi ramai antrean penumpang yang hendak rapid antigen. Penumpang yang hendak rapid antigen harus menunjukkan bukti tiket mereka," terangnya.

    Untuk harga, lanjut Suprapto, rapid antigen penumpang KA dipatok seharga Rp105.000. "Bagi penumpang yang mepet jadwal keberangkatannya akan diprioritaskan untuk di-rapid antigen dulu agar tidak tertinggal kereta. Waktu hasil tes antigennya keluar sekitar 30 menit," pungkasnya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.