Begini Pelaksanaan Salat Tarawih Pertama di Madiun Saat Pandemi Covid-19

Begini cara umat Islam di Kota Madiun dalam menjalankan ibadah salat tarawih selama masa pandemi Covid-19.

Begini Pelaksanaan Salat Tarawih Pertama di Madiun Saat Pandemi Covid-19 Umat Islam di Kota Madiun menjalankan ibadah salat Isya dan tarawih dengan cara membatasi jarak, Kamis (23/4/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sebagian besar masjid dan musala di Kota Madiun menyelenggarakan ibadah salat tarawih untuk yang pertama kali di bulan Ramadan tahun 2020, Kamis (23/4/2020) malam. Masjid dan musala ini masih tetap menyelenggarakan ibadah salat tarawih di tengah pandemi Covid-19.

    Pantauan di beberapa masjid dan musala di Kecamatan Taman dan Kecamatan Manguharjo, umat Islam yang ingin beribadah salat Isya dan salat tarawih terlihat mendatangi tempat ibadah. Salah satunya yaitu di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun. Pada bulan puasa tahun-tahun sebelumnya, masjid agung ini biasanya dipenuhi jemaah yang hendak menjalankan ibadah salat tarawih berjamaah. Terutama saat salat tarawih perdana, biasanya sangat penuh.

    Namun, pada salat tarawih pertama pada bulan Ramadan tahun ini tampak tidak seperti biasanya. Jumlah warga Islam yang datang juga tidak sebanyak biasanya. Di dalam masjid, penataan shaf-nya juga diberi jarak sesuai protokol penanganan Covid-19. Tidak hanya menjaga jarak, sebagian besar jemaah mengenakan masker saat salat tarawih.

    Tambah Lagi, Total 56 Santri Temboro Asal Ponorogo Yang Diisolasi

    Seusai salat tarawih, jemaah juga diminta langsung pulang dan tidak bercengkerama di masjid. Berbagai pembatasan ini dilakukan untuk memutus rantai persebaran Covid-19. Berbagai protokol penanganan Covid-19 pun dilakukan.

    Sekretaris Daerah Kota Madiun, Rusdiyanto, mengatakan selama bulan Ramadan diperbolehkan salat tarawih dan salat berjemaah seperti biasanya. Tentunya dengan protokoler kesehatan yang telah ditentukan.

    Seperti akses masuk masjid satu pintu, masjid menyediakan temlat cuci tangan, memakai masker, pembatasan antar individu, dan tidak menghidupkan AC maupun kipas angin.

    Satu Warga Kota Madiun Positif Dalam Rapid Test

    "Untuk dua pekan awal Ramadan, ibadah yang dilakukan akan seperti biasa. Tetapi, nanti kalau ada diperjalanan ada tindakan yang dihentikan, ya harus kita patuhi," kata dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.