Bilik Kuliner Steril, Berikan Rasa Aman Wisatawan di Banyuwangi

Di tempat kuliner steril, para pengunjung bisa menikmati kuliner khas pantai (ikan bakar) di dalam bilik tertutup dan transparan.

Bilik Kuliner Steril, Berikan Rasa Aman Wisatawan di Banyuwangi Bupati Abdullah Azwar Anas melihat bilik kuliner steril di kawasan wisata muara Pantai Boom, Kampung Mandar, Banyuwangi. (Antaranews.com)

    Madiunpos.com, BANYUWANGI -- Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru pelaku wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus berbenah. Mereka menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan berinovasi membuat bilik kuliner steril untuk keamanan bagi pengunjung.

    Bilik kuliner steril atau tempat wisata kuliner steril ini berada di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Tepatnya di kawasan wisata muara Pantai Boom. Bilik kuliner steril menyajikan menu khas daerah sekitar pantai, yakni ikan bakar.

    "Terima kasih teman-teman nelayan Kampung Mandar, dinas terkait, kecamatan, dan Bank Jatim yang memberi dukungan. Kehadiran tempat kuliner unik seperti ini memberi semangat kepada kita semua untuk bekerja lebih kreatif. Untuk memulihkan ekonomi lokal setelah dihajar dampak pandemi COVID-19," ujar Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Sabtu (25/7/2020).

    Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Ala Rumahan Yang Pedas Nikmat

    Tempat kuliner steril diresmikan pada Jumat (24/7), ada sepuluh bilik kuliner. Para pemilik warung melayani pengunjung dengan pelindung diri. Dinas Kesehatan pun dilibatkan terjun langsung mendampingi proses memasak agar higienis.

    Di tempat kuliner steril ini, para pengunjung bisa duduk sambil menikmati kuliner khas pantai (ikan bakar) di dalam bilik tertutup dan transparan.

    Wow! Warga Banyuwangi Beli NMAX Pakai Uang Koin

    Tetap Higienis

    Dulunya, Kampung Mandar merupakan kawasan yang terkesan kumuh, namun perlahan dengan pendampingan Dinas Kelautan dan Perikanan, sejak tiga tahun terakhir warga nelayan setempat membuat warung-warung dengan menu ikan laut.

    "Pada 2018 mulai digelar festival pasar ikan sebagai strategi agar kawasan berubah menjadi lebih bersih. Warung kami promosikan, dinas terus mendampingi, akhirnya warga mulai mendapat tambahan pemasukan. Selama pandemi pasti jeblok, makanya sekarang kami bangkitkan lagi, termasuk dengan model bilik kuliner steril semacam ini," kata Anas.

    Rujak Cingur Hits di Madiun Ini Cocok Buat Nemenin Makan Siang Kamu

    Menurut Anas, higienitas alur produksi tetap dijaga. Mulai mendapatkan ikan sebagai bahan baku, proses memasak, kebersihan alat masak, hingga penyajian.

    Di tempat kuliner steril di kawasan wisata muara Pantai Boom menyajikan berbagai makanan, mulai ikan bakar, tahu walik berisi daging, hingga palapa sampan khas nelayan alias ikan pindang berkuah.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.