Bosbow Madiun, Dulu Asrama Pelajar Sekolah Kehutanan Kini Ditempati Tentara

Asrama Bosbow Korem 081/DJS merupakan salah satu benda peninggalan Belanda yang masih berdiri dan berfungsi di Madiun.

Bosbow Madiun, Dulu Asrama Pelajar Sekolah Kehutanan Kini Ditempati Tentara Asrama Korem 081/DJS (Bosbow) Kota Madiun pada masa Kolonial Belanda. (kemdikbud.go.id)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sejumlah bangunan bersejarah peninggalan pemerintah Kolonial Belanda masih tersisa di Madiun. Salah satunya adalah Asrama Korem 081/DJS. Bangunan kuno yang didirikan lebih dari satu abad lalu itu sarat dengan nilai sejarah.

    Tujuan awal dibangunnya gedung di Jl. Diponegoro tersebut adalah sebagai Sekolah Pendidikan Calon Pamong Praja Kota Madiun. Dalam bahasa Belanda disebut Opleideng School Voor Inlandsch Ambtenaren (OSVIA).

    Pada tahun 1927, OSVIA Madiun bersama dengan OSVIA tempat lain berubah menjadi Middelbaar Opleiden Scoolen Voor Indische Ambtenaren (MOSVIA).

    Ini Dia Kepala Daerah Madiun Raya Dengan Followers Terbanyak

    Namun, tiga tahun kemudian, MOSVIA Madiun ditutup dan dipindahkan ke MOSVIA Magelang. Penyebabnya adalah beban keuangan yang tidak bisa ditanggung lagi oleh kas Pemerintahan Kolonial Belanda.

    Selanjutnya, gedung tersebut digunakan untuk Sekolah Kehutanan Menengah Atas Madiun atau Middlebare Boschbouw School te Madiun (MBS) yang didirikan oleh J.H. Becking, pimpinan Jawatan Kehutanan pada tanggal 26 Agustus 1939.

    Dilansir dapobud.kemdikbud.go.id, bosbow atau boschbouw merupakan kata dari bahasa Belanda, bosch berarti hutan/kehutanan, bouw berarti Gedung.

    Bukan Hanya Pecel, Kota Madiun Juga Punya Nasi Jotos

    Pendirian Sekolah Kehutanan diadakan karena Madiun berada di tengah-tengah kawasan hutan produksi jati di Jawa Timur.

    Pada tahun ajaran pertama, sekolah tersebut memiliki 60 murid. Mereka tidak hanya berasal dari kawasan Madiun, tetapi juga berasal dari seluruh Jawa. Oleh karena itu, disediakan asrama untuk para murid. Asrama masih berada dalam kompleks Bosbow.

    Penempatan Sekolah Kehutanan ini sangat tepat mengingat Madiun merupakan pusat pengolahan kayu. Sehingga, para murid dapat praktik langsung di lapangan.

    Inilah Potret Keindahan 5 Gunung di Ponorogo

    Setelah berjalan tiga tahun, MBS Madiun akhirnya ditutup dan dilarang oleh pihak Jepang. Sehingga, sejak tahun 1950-an sampai 1970-an komplek bangunan Bosbow digunakan oleh Batalyon 508 sebagai Makayon 508.

    Selanjutnya, asrama Bosbow digunakan sebagai tempat hunian para prajurit mantan anggota 508, berbaur dengan anggota lain, baik yang dari Kodim 0803/Madiun maupun Korem 081/DSJ dan bahkan hingga sekarang.

    Perlu diketahui bahwa kompleks Bosbow ini telah ditinggali lebih dari 100 kepala keluarga. Kondisi bangunan di kompleks ini sebenarnya masih bagus, 90% bangunan masih asli meski ada beberapa bangunan yang direnovasi oleh sang penghuni.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.