Bukan Hanya Telaga Ngebel, Ini Tempat Wisata Menarik di Ponorogo

Berikut ini deretan tempat wisata yang ada di Kabupaten Ponorogo selain Telaga Ngebel.

Bukan Hanya Telaga Ngebel, Ini Tempat Wisata Menarik di Ponorogo Mloko Sewu Ponorogo. (IG @mlokosewu)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu daerah yang banyak memiliki tempat wisata alam di wilayah Madiun Raya. Ikon tempat wisata di Ponorogo yakni Telaga Ngebel. Bisa dikatakan belum ke Ponorogo kalau belum ke Telaga Ngebel.

    Telaga Ngebel ini berlokasi di lereng Gunung Wilis dan berada di ketinggian 734 meter di atas permukaan laut (mdpl). Karena berada di lereng gunung, suasana di tempat wisata ini sangat sejuk. Kanan-kiri telaga ini juga dikelilingi pepohonan yang menjulang tinggi.

    Anda bisa menikmati telaga ini dengan naik speed boat, becak air, dan lainnya. Pengunjung juga bisa menikmati beragam kuliner di pinggiran telaga.

    Sejumlah wisatawan menikmati pemandangan alam di Telaga Ngebel, Ponorogo, Selasa (2/6/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Saat ini, ada destinasi baru air mancur menari atau water fountain. Namun, air mancur menari ini hanya bisa dinikmati pada malam hari di setiap akhir pekan.

    Selain Telaga Ngebel, Ponorogo juga memiliki sederet tempat wisata alam yang  tak kalah menarik untuk dikunjuni. Berikut ini daftarnya:

    1. Tumpak Lego Hill

    Tumpak Lego Hill ini tergolong tempat wisata baru di Ponorogo. Lokasinya berada di Ponorogo sisi selatan, tepatnya di Desa Ngrayun, Kecamatan Ngrayun. Tempat ini menyuguhkan hutan pinus rindang dan sejuk. Bukan hanya itu, tempat ini juga menyediakan banyak spot foto menarik. Suasana khas pegunungan yang sejuk membuat Anda akan betah berlama-lama di sini.

    Tumpak Lego Hill ini sebenarnya adalah sebuah rest area. Lahan yang menjadi tempat wisata ini milik Perhutani.

    tempat wisata ponorogo
    Tumpak Lego Ponorogo (IG @zela_mano)

    Di sini, Anda bisa bersantai menikmati hijaunya alam sambil bersantai di gazebo dan menikmati kuliner khas. Di lokasi ini juga ada koleksi satwa seperti kelinci, musang, dan ular.

    1. Mloko Sewu

    Setelah berkeliling di Telaga Ngebel, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang terletak tak jauh dari sana. Tempat wisata ini bernama Mloko Sewu. Di Mloko Sewu kita bisa menikmati pemandangan taman bunga dan hutan yang indah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama Telaga Ngebel dari ketinggian. Sungguh indah!

    tempat wisata ponorogo
    Mloko Sewu Ponorogo. (IG @mlokosewu)

    Tak hanya menikmati pemandangan, di sini banyak spot foto yang super kece dan keren. Pengunjung bisa mengabadikan foto di ayunan dan balon udara yang berlatar pemandangan Telaga Ngebel, di tengah pepohonan hijau dan taman bunga. Anda juga bisa mendirikan tenda untuk berkemping di Mloko Sewu. Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.00 WIB-18.00 WIB. Untuk masuk ke Mloko Sewu tarifnya hanya Rp10.000.

    1. Air Terjun Kokok

    Air terjun Kokok ini berada di Desa Temon, Kecamatan Sawoo. Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan. Tempatnya masih sangat alami dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang cukup menantang cocok untuk healing sekaligus berpetualang.

    Pengunjung akan disuguhi tebing berwarna kecokelatan yang eksotis dengan air terjun yang jernih.

    tempat wsiata ponorogo
    Air Terjun Kokok Ponorogo. (IG @info_ponorogo)

    Dilansir dari ponorogo.go.id, untuk menuju tempat wisata ini, Anda memerlukan waktu perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Ponorogo. Setelah itu pengunjung harus berjalan kaki sejauh 700 meter. Di air terjun ini, Anda bisa bermain air dan berendam di sungai. Tempat wisata ini mulai buka pukul 08.00 WIB-15.00 WIB. Pengunjung cukup membayar Rp5.000 untuk masuk ke tempat ini.

    1. Bukit Batu Kapur

    Bukit Batu Kapur ini terletak di lahan Perhutani. Bukit Batu Kapur ini berada di Kecamatan Sampung. Tempat wisata ini adalah sebuah gunung kapur yang digunakan sebagai tempat penambangan batu kapur.

     

    Bekas lokasi tambang kapur ini memiliki bentuk yang unik dan indah, sehingga warga sekitar tertarik untuk berkunjung dan berburu foto. Untuk berkunjung di tempat ini, tidak ada biaya masuk alias gratis.

    1. Air Terjun Toyomarto

    Air Terjun Toyomarto ini menjadi salah satu air terjun wisata di Ponorogo. Lokasinya berada di Dusun Toyomerto, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel. Untuk menuju ke destinasi wisata ini, pengunjung harus berhati-hati karena medannya cukup menantang yakni naik-turun dan berkelok-kelok. Jalan menuju lokasi juga akan menjumpai tebing yang cukup curam. Setelah itu pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan.

    Dilansir dari disbudparpora.ponorogo.go.id, Air Terjun Toyomerto atau Selorejo terdiri dari dua tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan mempunyai ketinggian 25 sampai 30 meter.

    Air terjun ini berada di antara dua bukit yang berhadapan. Penduduk menyebut kedua bukit itu Gunung Nglengko dan Gunung Manyutan.

    Itu beberapa tempat wisata menarik di Ponorogo selain Telaga Ngebel yang bisa Anda kunjungi. Tertarik?



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.