Bupati Ingin Pusat Pemerintahan Baru Jember, DPRD: Belum Perlu

Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi,  mengatakan pemindahan kompleks gedung pemerintahan tidak diperlukan dalam waktu dekat ini. Sebab, masih banyak program prioritas lainnya yang perlu dikerjakan.

Bupati Ingin Pusat Pemerintahan Baru Jember, DPRD: Belum Perlu Bupati Jember Hendy Siswanto. [HSC/Beritajatim.com]

    Madiunpos.com, JEMBER--Wacana pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Jember, Jawa Timur, dinilai masih belum mendesak. Sebab, paling prioritas utama saat ini adalah penanganan pandemi Covid-19.

    Hal itu diungkap Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi,  merespons wacana dari Bupati Jember, Hendy Siswanto. Menurut Itqon, pemindahan kompleks gedung pemerintahan tidak diperlukan dalam waktu dekat ini. Sebab, masih banyak program prioritas lainnya yang perlu dikerjakan.

    "Apalagi sekarang kondisi [pandemi] Covid. Pendapatan asli daerah (PAD) kita pasti turun. Saya kira akan jauh lebih bermanfaat jika anggaran dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Jember, terutama yang terdampak langsung pandemi Covid. Saya kira masih jauhlah. Untuk saat ini belum," katanya, dikutip dari suara.com, Sabtu (13/3/2021).

    Hormati Nyepi, Seluruh Akses ke Gunung Bromo Ditutup hingga Senin

    Itqon juga mengingatkan, agar bupati mencermati postur anggaran yang rasional. "Saya khawatir niat baik Pak Hendy jangan sampai mengorbankan aspek lain yang bersentuhan dengan masyarakat. Maka pastikan dulu belanja pegawai, belanja rutin, belanja mengikat, berapa persen untuk kesehatan, untuk pendidikan. Itu kan ada normanya. Pastikan dulu, baru ada ruang fiskal berapa," urainya.

    Ia menambahkan wacana pemindahan pusat pemerintahan membutuhkan perencana yang sangat panjang dengan mempertimbangkan berbagai aspek penting. Maka, menurutnya, Pemkab Jember perlu memikirkannya masak-masak sebelum memutuskan wacana itu.

    "Harus dipikirkan secara matang, kajian yang mendalam. Dampak lingkungan, dampak kondusivitas pemerintahan, semua harus dipikirkan. Kemampuan keuangan daerah juga harus dipikirkan secara matang. Artinya untuk saat ini, terus terang, DPRD tidak pernah berpikir sejauh itu," kata politikus PKB ini.

    393 Istri di Bojonegoro Gugat Cerai Suami selama Januari-Februari 2021

     

    Objek Wisata

    Bupati Jember, Hendy Siswanto, mewacanakan pemindahan ibu kota atau pusat pemerintahan Kabupaten Jember. Salah satunya ingin jadikan gedung DPRD dengan gedung  Pemkab Jember satu kompleks lokasi. Hendy menjelaskan alasan utama penataan kompleks pemerintahan agar juga bisa menjadi objek wisata.

    "Jember kan belum punya wajah yang betul-betul bisa dinikmati oleh orang luar. Tujuan kita kan menarik wisatawan, dan seperti di alun-alun ada car free day, teman-teman menyampaikan aspirasinya. Begitu teman-teman menyampaikan aspirasi, macet jalan,” kata Hendy, dikutip dari suara.com, Sabtu (13/2/2021).

    Jika wacana itu disetujui, lanjut dia, area ibu kota batu itu membutuhkan lahan sekitar 50 hektare. Namun di mana lokasinya, ia masih mau mencari.

    Keren! Remaja Asal Madiun Jadi Dalang Bocah Terbaik Tingkat Nasional



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.