Bupati Jember Ajak Pejabat Pakai Sarung dan Busana Muslim Tiap Jumat

Sang bupati pun telah memberi contoh bersama pejabat terkait, Jumat (5/3/2021).

Bupati Jember Ajak Pejabat Pakai Sarung dan Busana Muslim Tiap Jumat Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman. (Muhammad Faizin/TIMES Indonesia)

    Madiunpos.com, JEMBER-Sepekan menjabat sebagai Bupati Jember, Hendy Siswanto mengajak dan berencana mencanangkan aturan bagi seluruh pejabat, ASN, dan tenaga honorer di lingkungan Pemkab Jember.

    Aturan yang sedikit unik itu adalah dengan memakai sarung dan berbusana muslim tiap hari Jumat. Sang bupati pun telah memberi contoh bersama pejabat terkait, Jumat (5/3/2021).

    "Kenapa pakai sarung? Kan ini Jumat, jadi ya [Salat] Jumatan. Selain itu, ini juga salah satu cara, minimal untuk menekan hal-hal yang tidak baik," kata Hendy.

    SBY: Indonesia Berkabung, KLB Deli Serdang Tetapkan Moeldoko Ketum Demokrat

    Terkait penerapan aturan untuk penerapan itu, Hendy mengakui belum menetapkan keputusan, baik dalam sebuah perda ataupun perbup.

    "Jadi nanti ke depan pagi setelah senam, siangnya pakai baju muslim. Untuk yang laki-laki lanjut [Salat] Jumat," tegasnya.

    Terpisah, salah seorang tenaga honorer di Pemkab Jember, Adit, mengatakan terkait aturan untuk mengenakan pakaian muslim itu disambut positif.

    Ikut Ambil Paksa Jenazah Pasien Bergejala Covid-19, 4 Orang di Probolinggo Serahkan Diri

    "Hal serupa dulu pernah juga kok, tapi saat itu hanya saat Ramadan. Kalau tidak salah saat hari santri juga pernah. Tapi semisal diterapkan aturan oleh Pak Bupati. Ya baiklah kita dukung," ungkapnya.

    Namun demikian, kata Adit, pihaknya berharap ada pertimbangan bagi ASN atau honorer yang beragama lain.

    "Sebagai bentuk toleransi memakai sarung mungkin masih bolehlah bagi laki-laki, tapi mungkin jika ada yang perempuan bisa menyesuaikan. Tapi saya yakin, niat baik dari Pak Bupati," ujarnya.

    Apotek Kimia Farma Dibobol Maling, Uang Jutaan Rupiah Raib



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.