Di Madiun, Harga 1 Kg Cabai Setara 3 Kg Daging Ayam

Harga cabai rawit di Kota Madiun melonjak tinggi dalam sepekan terakhir, yaitu mencapai Rp100.000 per kilogram.

Di Madiun, Harga 1 Kg Cabai Setara 3 Kg Daging Ayam Pedagang di Pasar Besar Kota Madiun mengelukan harga cabai rawit yang naik tinggi hingga Rp100.000 per kg, Rabu (24/2/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)
    Madiunpos.com, MADIUN -- Harga cabai rawit di Kota Madiun melonjak tinggi dalam sepekan terakhir, yaitu mencapai Rp100.000 per kilogram. Harga cabai rawit ini setara dengan harga daging ayam 3,3 kilogram.
    Dengan asumsi harga daging ayam saat ini senilai Rp30.000 per kilogram. Kenaikan harga cabai rawit ini sebenarnya sudah berlangsung beberapa pekan lalu. Namun, mengalami kenaikan harga hingga Rp100.000 per kg baru sepekan terakhir.

    Hal itu diungkapkan pedagang cabai di Pasar Besar Kota Madiun, Ani Suseno, saat ditemui di kiosnya, Rabu (24/2/2021).

    Ani menuturkan sebenarnya harga cabai rawit ini sudah mengalami kenaikan sejak beberapa pekan lalu. Namun, kenaikannya memang bertahap. Sebelumnya harga cabai rawit sudah mencapai Rp75.000 per kg. Kemudian harga itu terus mengalami kenaikan hingga kini menjadi Rp100.000 per kg.

    "Kalau harga normalnya cabai rawit Rp50.000. Sekarang kok sudah Rp100.000," kata dia yang menyebut pasokan cabainya dari Pare, Kediri.

    Selain cabai rawit, harga beberapa cabai juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Seperti cabai merah harganya naik menjadi Rp50.000/kg, sebelumnya Rp25.000/kg. Sedangkan cabai keriting merah harganya naik menjadi Rp60.000/kg, sebelumnya Rp25.000/kg.

    Menurut dia, naiknya harga cabai rawit dan jenis cabai lainnya karena tidak ada pasokan cabai. Banyak petani cabai yang gagal panen, kondisi tersebut pun berpengaruh terhadap ketersediaan pasokan.

    Pedagang cabai lainnya, Dela, juga mengatakan hal serupa. Harga cabai mengalami kenaikan tinggi dalam sepekan terakhir. Dia mengaku harga cabai rawit yang dijualnya mencapai Rp95.000/kg.

    Gara-gara harga cabai rawit ini naik, dia menuturkan jumlah pembeli pun mengalami penurunan. Karena tidak mau merugi terlalu banyak, dia pun menurunkan jumlah kulakan.

    "Saya bisanya bisa jual 10 kg per hari, tapi sekarang hanya 5 kg saja. Itu pun kadang tidak terjual semua," kata dia.

    Dela menduga harga cabai rawit ini naik tinggi karena petani cabai gagal panen. Sehingga barang yang tersedia cukup langka.

    Tidak hanya harga cabai rawit saja yang naik, cabai keriting juga mengalami kenaikan hingga Rp60.000/kg dan cabai merah besar Rp40.000/kg.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.