Duh, APD Bekas Berserakan di TPU Babat Jerawat Surabaya

APD tenaga medis bekas penanganan jenazah Covid-19 berserakan di TPU Babat Jerawat, Surabaya. Mulai dari hazmat, sarung tangan dan face shield.

Duh, APD Bekas Berserakan di TPU Babat Jerawat Surabaya APD tenaga medis yang berserakan di TPU Babat Jerawat, Surabaya. (Detik.com)

    Madiunpos.com, SURABAYA — Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis bekas penanganan jenazah Covid-19 ditemukan berserakan di TPU Babat Jerawat, Surabaya. APD mulai dari hazmat, sarung tangan, dan face shield.

    Informasi tersebut dibenarkan Kepala Cabang Tempat Pemakaman Umum (TPU) Babat Jerawat, Hartono. Menurutnya, limbah APD yang berserakan itu diketahui sejak dua hari lalu.

    Pihaknya juga menegaskan, APD yang berserakan bukan milik petugas pemakaman TPU Babat Jerawat. Namun milik tenaga medis pada saat melakukan pemulasaraan jenazah.

    PeduliLindungi, Aplikasi Buatan Pemerintah Untuk Jaga Masyarakat dari Covid-19

    “Kalau dari makam bukan. Itu miliknya tempat medis-medis, kita hanya membersihkan,” kata Hartono di TPU Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Surabaya, Senin (29/6/2020).

    Hartono menambahkan, limbah APD yang ditemukan sudah dibersihkan dengan cara dibakar. Namun pantauan detikcom di lokasi, masih ada limbah APD yang berserakan, seperti sarung tangan bekas dan face shield.

    “Kalau saya tahu sendiri pasti saya tegur. Berhubung kita tidak tahu ya, terpaksa teman-teman yang mengambil lalu kita bakar,” imbuh Hartono seperti dilansir dari Detik.com.

    Disentil Jokowi, Menkes Terawan Jadi Trending Topic Twitter

    Hartono juga mengakui, pihaknya menemukan APD berupa hamzat lebih dari satu. “Ada tiga APD (hazmat) dengan sarung tangan yang tipis-tipis itu,” lanjutnya.

    Padahal, menurut Hartono, pihak pengelola TPU Babat Jerawat sudah menyediakan tempat sampah khusus untuk limbah medis. Atau limbah bebas pemulasaraan jenazah dengan protokol Covid-19.

    Tak Diterima di RSU dr. Soetomo, Wali Kota Risma Nangis dan Sujud di Depan IDI Jatim

    “Ini sudah ada tempat tong sampah [limbah medis] untuk dibuang di situ. Biasanya tidak seperti itu [buang sampah sembarangan]. Cuman dua hari kemarin. Sebelumnya tidak ada,” pungkasnya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.