Dukung Pemulihan Ekonomi, BI Kediri Gandeng Pemkot Gelar Madiun Coolinary Festival

Pada acara Madiun Coolinary Festival digelar puluhan stan UMKM kuliner Kota Madiun yang dapat dikunjungi masyarakat luas.

Dukung Pemulihan Ekonomi, BI Kediri Gandeng Pemkot Gelar Madiun Coolinary Festival Pembukaan Madiun Coolinary Festival di Lap. Tenis PELTI, Jl. Pahlawan, Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (18/6/2022). (Istimewa)

    Solopos.com, MADIUN — Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau BI Kediri menggandeng Pemkot Madiun menggelar acara “Madiun Coolinary Festival” di Lap. Tenis PELTI, Jl. Pahlawan, Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu-Minggu (18-19/6/2022).

    Acara ini masuk ke dalam calendar of event Kantor Perwakilan BI Kediri untuk mendukung pemulihan ekonomi, khususnya sektor UMKM, antara lain dengan mempromosikan kuliner khas pecel Madiun dan olahan tepung porang, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Kota Madiun.

    Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto; Wali Kota Madiun, Drs. H. Maidi, SH., MM., M.Pd.; dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Moch. Choirur Rofiq.

    Pada acara Madiun Coolinary Festival digelar puluhan stan UMKM kuliner Kota Madiun yang dapat dikunjungi masyarakat luas. Selain itu, dilakukan penyerahan sertifikat halal kepada UMKM mitra binaan Bank Indonesia Kediri.

    Pada acara ini juga diserahkan secara simbolik pembiayaan dari perbankan kepada 6 UMKM, mewakili 17.000u UMKM penerima pembiayaan di wilayah Madiun selama tahun 2022 dengan total nilai mencapai Rp768 miliar sebagai bukti nyata kontribusi perbankan dalam mendukung pemulihan ekonomi dan pengembangan UMKM.

    Baca Juga: Pusat Kuliner Madiun Mulai Dibangun, Bisa Tampung 400 Pedagang

    Ada juga temu bisnis (business matching) antara pengusaha dalam negeri dan luar negeri dengan total nilai kesepakatan mencapai Rp22,8 miliar untuk memberikan nilai tambah bagi perekonomian dan UMKM di wilayah Madiun.

    kuliner madiun
    Pembukaan Madiun Coolinary Festival di Lap. Tenis PELTI, Jl.
    Pahlawan, Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (18/6/2022). (Istimewa)

    Sertifikat halal diserahkan kepada UMKM mitra binaan Bank Indonesia Kediri, yakni Wikrama Bu May; Oleh-Oleh Bu Revin; dan Endes Food. Penyerahan pembiayaan dari perbankan kepada UMKM dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada UMKM Pendekar Porang; Bank Mandiri kepada UMKM Savega Parfum; Bank Negara Indonesia (BNI) dengan UMKM Pojokan Kopi; Bank Tabungan Negara (BTN) dengan UMKM Warung Bu Sri; Bank Jatim kepada UMKM Nasi Pecel Sri Tanjung; dan Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan UMKM Camilan Afa.

    Selain itu, ajang business matching dilakukan antara pelaku usaha tepung porang di Kota Madiun dengan buyer dari Tiongkok; kerja sama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Timur dengan Derbi Australia untuk pengiriman sambel pecel, kopi, dan fesyen sepatu.

    Kemudian Kadin Kota Kediri dengan Kadin Kota Madiun untuk pemenuhan kebutuhan sambel pecel; business matching pengadaan kacang telur dan kripik pisang; serta pengadaan seragam sekolah dan baju olahraga di Dinas Pendidikan Kab. Tulungagung dan Kota Waringin Barat.

    Baca Juga: Gandeng Wartawan & Influencer, BI Kediri Sosialisasi CBP Rupiah di Madiun Raya

    Pada acara tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Moch. Choirur Rofiq, melaporkan acara Madiun Coolinary Festival merupakan salah satu upaya Bank Indonesia untuk mendorong pengembangan UMKM unggulan di daerah go digital dan go global, baik dalam hal fasilitasi business matching, pembiayaan, on-boarding, serta sertifikasi halal.

    Selain itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Budi Hanoto, menyampaikan perekonomian Kota Madiun telah menunjukkan pertumbuhan yang positif, didukung oleh kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).

    Sektor ini dapat menjadi keunggulan Kota Madiun dibandingkan daerah lainnya, serta menjadi peluang bisnis bagi UMKM. Wali Kota Madiun, Drs. H. Maidi, SH., MM., M.Pd., sangat mengapresiasi dukungan Bank Indonesia terhadap pengembangan UMKM, khususnya kuliner pecel Madiun dan olahan tepung porang, sebagai komoditas potensi ekspor untuk mendukung pemulihan ekonomi.

    Madiun Coolinary Festival turut dirangkai dengan berbagai acara, antara lain lomba masak kreatif, band, barista, swafoto, dan video reels IG, serta semarak sosialisasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai inovasi pembayaran digital yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal (Cemumuah), dan gerakan Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah.

    Baca Juga: Jadi Andalan, Pemkab Madiun Launching TIC dan Taman Wisata Edukasi Porang

    Untuk informasi resmi kegiatan dan layanan Kantor Perwakilan BI Kediri dapat diakses melalui media sosial Instagram: @bank_indonesia_kediri dan Youtube Channel: Bank Indonesia Kediri.



    Editor : Danang Nur Ihsan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.