Enam Tempat Wisata Menarik di Ngawi, Wisatawan Segera Merapat!

Berikut ini deretan tempat wisata di Kabupaten Ngawi yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Enam Tempat Wisata Menarik di Ngawi, Wisatawan Segera Merapat! Kondisi terbaru Benteng Pendem Ngawi. (Kementerian PUPR)

    Madiunpos.com, NGAWI -- Kabupaten Ngawi selama ini memang tidak cukup dikenal sebagai daerah yang memiliki tempat wisata yang terkenal seperti daerah tetangga. Namun, ternyata kabupaten yang berada di paling ujung barat Jawa Timur itu juga memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik.

    Ngawi yang berbatasna langsung dengan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, ini memiliki tempat wisata alam dan tempat wisata sejarah yang layak untuk dikunjungi. Berikut ini enam tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi:

    1. Benteng Van Den Bosch

    Benteng Van Den Bosch ini juga dikenal dengan sebutan Benteng Pendem. Lokasinya berada di Jl. Untung Suropati, Pelem II, Kecamatan Ngawi. Benteng Pendem ini merupakan bangunan peninggalan Pemerintah Hindia Belanda saat masih menduduki wilayah Ngawi. Benteng yang memiliki luas bangunan sekitar 165 meter X 80 meter dengan luas tanah 15 hektare ini rampung dibangun pada 1845. Pada akhir 2020, bangunan bersejarah itu pun direvitalisasi oleh pemerintah pusat. Saat ini proses revitalisasi sudah mencapai 100% dan bangunan sudah terlihat cantik. Namun, sampai saat ini belum ada informasi lanjutan mengenai Benteng Pendem ini kapan dibuka untuk umum.

    tempat wisata ngawi
    Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau pemugaran bangunan Benteng Van den Bosch di Kabupaten Ngawi, Kamis (4/8/2022). (Istimewa/Pemprov Jatim)
    1. Jamus Tea Plantation

    Tempat wisata selanjutnya adalah kebun teh Jamus. Lokasi Jamus Tea Plantation ini berada di Desa Gilikerto, Kecamatan Sine. Kebun teh yang ada di lereng Gunung Lawu ini memiliki suasana yang sejuk dan indah. Hamparan luas kebun teh ini juga sangat cocok untuk berburu foto. Bukan hanya bisa melihat pemandangan indah kebun teh, tempat ini juga memiliki area bermain anak, kolam renang, penangkaran rusa, dan ada mata air Sumber Lanang. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini Rp15.000.

    Kebun Teh Jamus. (Yukpigi.com)
    1. Air Terjun Srambang Park

    Objek wisata di Ngawi selanjutnya air terjun Srambang Park. Dilansir dari ngawikab.go.id ketinggian air terjun Srambang mencapai 40 meter. Lokasi air terjun ini sekitar 35 km dari pusat Kota Ngawi. Objek wisata ini dipenuhi oleh hutan pinus yang menjulang tinggi sehingga masih sangat asri, suasananya sejuk dan syahdu. Dilansir dari berbagai sumber tiket masuk ke Srambang Park ini Rp15.000.Di lokasi ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati kesegaran air terjun, tetapi juga ada area bermain anak, taman bunga, kolam renang, dan gazebo. Tempat ini sangat cocok untuk jadi lokasi piknik bersama keluarga.

    Srambang Park. (ngawikab.go.id)
    1. Air Terjun Pengantin

    Air terjun Pengantin ini menjadi lokasi wisata yang cukup terkenal di Ngawi. Objek wistaa ini berad adi Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Dilansir dari berbagai sumber dinamakan Air Terjun Pengantin karena memiliki dua air terjun yang letaknya berdampingan seperti sepasang pengantin. Ketinggian dua air terjun ini juga sama yaitu 12 meter. Di tempat ini menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata dan cocok untuk membuat pengunjung yang ingin menangkan pikiran setelah lelah bekerja.

    Air Terjun Pengantin di Kabupaten Ngawi. (indonesiabagus.co.id)
    1. Air Terjun Suwono

    Tempat wisata Air Terjun Suwono ini menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Lokasinya di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan indah air terjun dan lingkungannya yang masih alami. Hutan pinus yang rimbun membuat suasana syahdu dan sejuk. Di lokasi ini juga terdapat berbagai spot foto yang menarik loh.

    Air Terjun Suwono Ngawi. (ngawikab.go.id)
    1. Musium Trinil

    Objek wisata ini terletak di Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar. Dilansir dari ngwikab.go.id museum ini adalah tempat penyimpanan berbagai jenis fosil manusia purba dan hewan purba. Di Museum Trinil ini, wisatawan bisa berwisata sambil belajar tentang manusia purba dan melihat langsung fosil serta peninggalannnya. Selain itu, di tempat ini juga ada area outbound dan bumi perkemahan.

    Museum Trinil Ngawi. (ngawikab.go.id)

     



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.