Fenomena Corpus Alienum yang Pernah Terjadi, Mulai Ratusan Susuk Hingga Kawat di Dalam Tubuh

Kasus benda asing di dalam tubuh manusia dalam istilah medis keadaan ini disebut corpus alienum.

Fenomena Corpus Alienum yang Pernah Terjadi, Mulai Ratusan Susuk Hingga Kawat di Dalam Tubuh Foto X-ray menunjukkan ratusan susuk di dalam tubuh pasien berusia 55 tahun. (twitter.com / @AREAJULID)

    Madiunpos.com, MADIUN – Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah foto yang menunjukkan X-ray atau sinar X susuk di dalam tubuh pasien berusia 55 tahun. Dalam istilah medis keadaan ini disebut corpus alienum.

    Corpus alienum adalah istilah untuk benda asing dari luar ditemukan di dalam tubuh. Benda-benda tersebut bisa berada di berbagai bagian tubuh, seperti mata, saluran napas, kulit, perut, hingga anus. Kondisi ini juga sering disebabkan karena hal-hal aneh seperti susuk dan santet.

    Kasus seperti ini ternyata cukup sering ditemukan dalam dunia medis. Biasanya para dokter akan langsung mengeluarkan benda tersebut untuk menurunkan risiko munculnya infeksi, inflamasi, atau mengeluarkan toksik.

    Viral Foto X-Ray Ratusan Jarum di Tubuh Pasien, Ini Tanggapan Dunia Medis Tentang Susuk

    Berikut beberapa kasus corpus alienum yang pernah terjadi seperti dikutip dari detik.com, Sabtu (19/9/2020)

    1. X-ray susuk

    Kasus ini viral beberapa hari lalu. Sebuah foto yang menunjukkan ratusan susuk terdapat dalam tubuh pasien berusia 55 tahun. Hal itu diungkap pertama kali oleh akun instagram @tasyabira.

    Dia menyebutkan tengah mengerjakan studi kasus penggunaan susuk yang terdeteksi mesin X-ray. Salah satunya terkait pasien berusia 55 tahun. Hasil pemindaian memperlihatkan ratusan susuk bertebaran di dalam tubuh pasien. Dia menjelaskan, umumnya susuk terbuat dari emas dan tembaga, maka ketika melalui pemindai mesin X-ray susuk tersebut terlihat.

    Bikin Merinding, Ini Alasan Kenapa Museum Kesehatan Surabaya Disebut Museum Santet

    2. Puluhan paku dan jarum di dalam tubuh

    Foto rontgen kaki dan tangan Safira yang banyak pakunya. (nasional.tempo.co)

    Pada 2011, fenomena corpus alienum juga terjadi pada bocah berusia tiga tahun, bernama Safira. Tim dokter dari RSUD Andi Makkasau Kota Parepare menemukan puluhan paku dan jarum di tubuh Safira, yaitu di bagian betis, lengan, dan punggung.

    Menurut dokter bedah yang menangani Safira kala itu, dr.Khamaruddin Said, SpB, ia baru pertama kali menghadapi kasus seperti itu, apalagi jumlah yang ditemukannya itu cukup banyak.

    Dituduh Lakukan Santet, Nenek-nenek di Madura Sumpah Pocong

    3. Remaja “bertelur”

    Remaja bertelur. (sebarr.com)

    Kasus ini dialami oleh remaja asal Desa Mangempang, Gowa, Sulawesi Selatan pada 2018 lalu yang menghebohkan warga karena mengeluarkan dua butir telur dari tubuhnya. Itu terjadi setelah remaja bernama Akmal 14 tahun itu mengeluh sakit perut.

    Dari hasil rontgen, terlihat ada dua butir telur di dalam tubuh Akmal. Dengan kondisi seperti itu, Akmal diduga mengalami fenomena medis corpus alienum.

    4. 75 paku, jarum dan kawat di kaki

    Kondisi Supiyati saat dirawat. (JIBI/Solopos)

    Pada 2012 sempat heboh karena ditemukannya 75 paku, jarum, dan kawat dari kaki seorang wanita bernama Supiyati, 25. Awalnya, Supiyati pingsan setelah menikah pada tahun 2010. Seminggu kemudian, ia sering merasakan sakit dan akhirnya mengeluarkan benda-benda misterius itu dari dalam tubuhnya.

    RS Darurat Covid-19 Ini Memiliki Sejumlah Sebutan, Mulai dari RS Kelamin Hingga Museum Santet

    Untuk mengeluarkannya, tim medis dari RS Nurhidayah Bantul, Yogyakarta melakukan operasi pembedahan. Mereka berhasil mengeluarkan 71 benda asing berupa jarum, paku berkarat, dan kawat dari tubuh Supiyati. Sementara 4 benda asing lainnya keluar dari tubuh setelah dibacakan ayat Al-Quran di rumah sakit.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.