Hama Wereng Menyerang, Seratusan Hektare Tanaman Padi di Madiun Terancam Gagal Panel

Lahan pertanian di sejumlah kecamatan di Kabupaten Madiun diserang wereng.

Hama Wereng Menyerang, Seratusan Hektare Tanaman Padi di Madiun Terancam Gagal Panel Ilustrasi - Petani di Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun menunjukkan tanaman padinya siap panen yang terserang hama wereng coklat hingga mati dan terancam gagal panen. (Antara)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Serangan hama wereng melanda sejumlah tanaman padi siap panen di musim tanam kemarau I di Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

    Salah satu wilayah pertanian yang diserang wereng ada di Desa Garon, Kecamatan Balerejo. Salah satu petani di desa ini, Sutikno, mengaku sawahnya seluas sekitar 3.000 meter persegi gagal panen akibat serangan wereng.  "Biasanya dalam keadaan normal di lahan sekitar 3.000 meter persegi bisa meraih keuntungan Rp8 juta, namun karena serangan hama, merugi total," ujar dia, Senin (10/8/2020), melansir Antara.

    Tanaman padinya yang diserang usianya sudah 70 hari atau siap panen. Sutikno sempat berupaya menyelamatkan padinya dari serangan wereng sebelum semakin parah. Berbagai jenis cairan pestisida disemprotkan, namun tidak ada yang mempan.

    BPBD Ponorogo Mulai Kirim Air Bersih ke Lokasi Kekeringan

    Ia menjelaskan awalnya, wereng menyerang bagian pangkal batang. Setelah itu hama tersebut mengisap bagian tanaman lainnya hingga tanaman layu, tidak berbulir, dan akhirnya mati.

    Hal yang sama diungkapkan oleh petani lainnya, Isno. Padinya yang baru berusia 40 hari juga tidak luput dari ancaman wereng. "Wereng menyerang secara sporadis. Sawah di sini [Balerejo] semuanya sudah terkena wereng," kata Isno.

    Berharap Bantuan Pemerintah

    Para petani mengaku kewalahan dengan serangan hama wereng tersebut. Sebab, hama wereng itu tak mempan diatasi dengan pestisida. Mereka berharap pemerintah daerah setempat melalui dinas terkait membantu mengatasi serangan hama wereng tersebut. Sebab jika tidak, petani akan mengalami gagal panen yang dikhawatirkan juga berdampak pada stok beras di wilayah Kabupaten Madiun dan sekitarnya.

    Konsep Pertanian Cerdas Iklim Di Jember, Ini Penjelasannya

    Menurut data Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperta) Kabupaten Madiun, terdapat 131 hektare lahan padi yang diserang wereng pada musim kemarau (MK) I. Dari luas 131 hektare tersebut, sebanyak 118 hektare di antaranya masuk kerusakan ringan dan 13 hektare sedang. Terdapat empat wilayah yang terdampak parah hama wereng, yakni Kecamatan Madiun, Balerejo, Dagangan, dan Wungu. Pendataan dan pemantauan terus dilakukan oleh dinas terkait.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.