Hati-Hati, Berbahaya Memanaskan Jenis Makanan Ini

Ada beberapa makanan yang jika dipanaskan kembali  akan menghilangkan nilai gizinya dan akan menghasilkan zat beracun.

Hati-Hati, Berbahaya Memanaskan Jenis Makanan Ini Ilustrasi sayur bayam. (freepik) 

    Madiunpos.com, MADIUN – Selain menghemat uang, memanaskan makanan sisa memang lebih praktis daripada memasak kembali makanan yang baru.

    Ternyata, kebiasaan memanaskan makanan ini berbahaya bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan bisa menghasilkan zat beracun saat dipanaskan ulang. Tentunya, hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan.

    Dilansir dari Boldsky dalam suara.com Kamis (1/10/2020), pakar kesehatan menunjukkan meskipun sebagian besar makanan aman saat dipanaskan kembali, beberapa makanan sehari-hari dapat merusak tubuh Anda saat dikonsumsi setelah dipanaskan kembali.

    Digerebek karena Mesum di Toilet, Si Cewek Malah Akting Kesurupan

    Makanan yang dipanaskan kembali akan cenderung kehilangan nilai gizi, terutama makanan berprotein tinggi. Dengan nilai gizi yang turun hingga nol, dalam banyak kasus, sisa makanan ini menjadi racun.

    Maka dari itu, inilah beberapa makanan yang beracun jika dipanaskan kembali.

    1. Kentang

    Tidak semua makanan berbahan dasar kentang bermasalah saat dipanaskan. Itu tergantung pada seberapa baik Anda menyimpannya setelah memasaknya. Kentang merupakan lingkungan tumbuh yang ideal untuk botulisme, menyebabkan pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum.

    Untuk menghindari pertumbuhan bakteri, simpan kentang yang sudah matang di dalam lemari es dan konsumsi dalam 1-2 hari.

    Bocah Viral Dibuang Orang Tuanya Kini Diangkat Jadi Anak Kapolres Pelalawan

    1. Telur

    Telur perlu dikonsumsi saat masih segar. Selanjutnya, dianggap lebih aman untuk menghindari pemanasan ulang telur. Bakteri dapat berkembang biak pada suhu antara 4 derajat celcius dan 60 derajat celcius dan dapat merusak makanan atau membuat Anda sakit. Makanan berprotein tinggi seperti telur mengandung banyak nitrogen, dan ini mungkin teroksidasi karena dipanaskan kembali.

    1. Jamur

    Sisa jamur tidak boleh dipanaskan kembali, karena kandungan protein dan nutrisi pada jamur dapat berubah menjadi racun dan menyebabkan masalah pencernaan. Dalam beberapa kasus, memanaskan jamur lebih dari sekali juga dapat mempengaruhi jantung.

    PN Surabaya Bebaskan 4 Pentolan MeMiles, Member Langsung Sujud Syukur

    1. Bayam

    Bayam mengandung vitamin K yang tinggi kalsium dan nitrat. Ketika sudah dimasak kemudian dipanaskan lagi, nitrat dapat berubah menjadi nitrit yang bertindak sebagai karsinogen.

    1. Seafood

    Penelitian menggarisbawahi bahwa saat terbaik untuk mengkonsumsi seafood adalah masih segar dimasak. Seafood segar yang langsung diolah sebagai frozen food aman untuk dipanaskan kembali. Sedangkan, makanan laut segar atau matang yang telah didiamkan pada suhu kamara mungkin mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

    Gatot Sebut Pendemo KAMI Jatim Bayaran, Mahasiswa Ngaku Dibayar Rp100.000



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.