Hindari Minum Kopi Saat Sahur, Agar Puasa Tak Terganggu

Minum kopi di saat sahur bisa ganggu puasa.

Hindari Minum Kopi Saat Sahur, Agar Puasa Tak Terganggu Segelas kopi. (Antaranews.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Anda penggemar berat kopi, sebaiknya tidak meminumnya di saat sahur. Tidak hanya kopi, di saat sahur minum teh pun harus dihindari.

    Karena bukannya menyehatkan namun justru menyebabkan puasa Anda terganggu. Selain itu ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur.

    "Kopi sebaiknya sesudah berbuka. Kopi sifatnya diuretik menyebabkan lebih banyak buang air kecil. Biasanya tubuh akan kurang cairan, ini sulit kalau sedang berpuasa," kata dokter spesialis gizi RS Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda.

    Yuk Bikin Lumpia Isi Sayuran Untuk Camilan Buka Puasa

    Pada sisi lain, saat sahur sebaiknya jangan mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat sederhana. Karena hanya bertahan tiga hingga empat jam saja.

    "Contohnya kue kering, croissant, yang mengandung tinggi gula, tepung terigu, ujar ahli diet klinis dari Burjeel Hospital Abu Dhabi, Rahma Ali.

    Jangan pula konsumsi makanan berasa asin. Karena menyebabkan ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh. Ini bisa membuat Anda sangat haus saat berpuasa.

    Yuk Intip Resep Ayam Goreng Mentega Yang Manis dan Gurih

    “Penting selama bulan Ramadhan untuk berbuka puasa dan sahur dengan diet seimbang. Pastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi," kata Ali seperti dilansir Antara mengutip Arabian Gazette.

    Makanan untuk sahur

    Sebaiknya, saat sahur konsumsi makanan kaya protein. Seperti telur karena membantu Anda untuk tetap kenyang.

    Selain itu, makanlah hidangan kaya serat. Serat larut berubah menjadi gel di perut dan memperlambat pencernaan. Karena membantu menurunkan kolesterol dan glukosa darah. Hal ini bisa membuat Anda tetap berenergi selama berpuasa.

    Ini Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Ramadan

    Cobalah memilih makanan mengandung kalsium dan vitamin. Produk-produk susu adalah sumber nutrisi yang baik. Pilih smoothie yoghurt atau pilih vanilla dan milk shake madu agar tak dehidrasi.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.