Hindari Sabun, Gunakan Garam Hingga Cuka Untuk Bersihkan Buah dan Sayuran

Mencuci sayuran dan buah-buahan bisa menggunakan garam, soda kue, dan cuka.

Hindari Sabun, Gunakan Garam Hingga Cuka Untuk Bersihkan Buah dan Sayuran Ilustrasi. (Freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sebelum mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan, kita disarankan mencucinya terlebih dahulu. Selain menghilangkan kotoran, kita perlu mencucinya untuk menghilangkan pestisida yang menempel.

    Maka penting untuk mengetahui cara menangani dan mencuci buah dan sayuran dengan benar. Sebelum membersihkan buah dan sayuran, pastikan tangan sudah bersih, dicuci dengan sabun dan air mengalir.

    Anak Belajar Di Rumah, Jangan Abaikan 7 Hal Ini

    Atau bisa juga gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan kuman dari tangan, baru kemudian bersihkan buah dan sayurannya.

    Tahukah Anda, membersihkan buah dan sayuran tak melulu harus menggunakan sabun. Ada beberapa bahan yang bisa kita gunakan, yakni:

    Air Garam

    Seperti dikutip dari harianjogja.com, caranya dengan rendam buah dan sayuran dengan air hangat. Lalu tambahkan satu atau dua sendok teh garam dan biarkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Gosok bagian permukaan buah dan sayuran.

    Bingung Ngapain Di Rumah Seharian? Ini Saran Asik WHO

    Sementara untuk mencuci kentang dan wortel, Anda dapat menggunakan garam kasar sebagai scrub untuk menghilangkan sisa tanah. Sambil memastikan tidak merusak atau menghilangkan kulitnya saat menggosok. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan.

    Soda Kue

    Membersihkan buah dan sayuran juga bisa menggunakan soda kue. Campurkan satu sendok makan soda kue dalam dua gelas air. Kemudian rendam buah-buahan dan sayuran selama 15 menit. Setelah selesai, bilas.

    Cuka

    Selain itu, cuka juga dinggap paling efektif untuk menghilangkan pestisida dan bakteri. Caranya, tempatkan sayuran dan buah-buahan dalam larutan cuka dan air selama 20 menit. Untuk buah dan sayuran rapuh yang tidak dapat direndam, cukup disemprotkan dengan air cuka.

    Ini Bahayanya Jadi Generasi Rebahan Yang Mager

    Jangan menyimpan makanan saat masih basah di lemari es atau dapur. Setelah dicuci, keringkan dengan handuk, kertas, atau kain bersih. Ini membantu menghilangkan bakteri yang tersisa.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.