HUT Ke-76 Republik Indonesia, Ini Harapan Petani Madiun

Di momen ulang tahun kemerdekaan RI ini, para petani di Kabupaten Madiun memiliki harapan supaya bisa lebih sejahtera.

HUT Ke-76 Republik Indonesia, Ini Harapan Petani Madiun Petani di Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, menggelar upacara bendera di tengah sawah desa setempat, Selasa (17/8/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Tepat hari ini, 17 Agustus 2021, Republik Indonesia berusia 76 tahun. Di momen ulang tahun kemerdekaan RI ini, para petani di Kabupaten Madiun memiliki harapan supaya bisa lebih sejahtera.

    Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Cermo, Kecamatan Kare, Sukarji, mengatakan harapan para petani di desanya yakni harga gabah hasil panen petani bisa stabil. Ketika harga gabah dari petani stabil, tentu akan berdampak pada kesejahteraan para petani.

    Dia menceritakan harga gabah petani anjlok saat panen raya berlangsung. Dia tidak tahu penyebab harga gabah menurun drastis setiap panen raya.

    Puluhan Petani di Lereng Gunung Wilis Madiun Gelar Upacara Bendera di Tengah Sawah

    “Kami hanya menginginkan harga gabah stabil. Pemerintah semoga lebih memerhatikan nasib petani dengan memastikan harga panen stabil,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com seusai mengikuti upacara bendera di tengah sawah Desa Cermo, Selasa (17/8/2021).

    Pria berusia 47 tahun itu menuturkan saat ini harga gabah kering sawah hanya Rp3.600 per kilogram. Padahal harga normal biasanya Rp5.000 per kilogram.

    Situasi tersebut, kata dia, membuat para petani lebih memilih untuk menyimpan hasil panennya dan menunggu harga stabil.

    Pesilat Hentikan Pengguna Jalan di Madiun, Ada Apa?

    Hal senada juga dikatakan petani Desa Cermo, Didik, 42. Dia menegaskan harapannya pada HUT ke-76 RI ini adalah pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan petani. Yakni dengan memastikan harga gabah stabil.

    “Kalau untuk soal pupuk bersubsidi yang dikurangi. Kami tidak masalah. Terpenting pupuk untuk padi masih ada. Yang utama ya, harga panen kami bisa stabil,” ujar Didik.

    Didik berharap aspirasi para petani dari Desa Cermo bisa didengar pemerintah. Sehingga nasib para petani bisa lebih baik dan sejahtera.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.