Pesilat Hentikan Pengguna Jalan di Madiun, Ada Apa?

Sejumlah pesilat dari berbagai perguruan silat berdiri di tengah Jalan Raya Kare-Wungu atau di depan Pasar Gondosuli, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Selasa (17/8/2021).

Pesilat Hentikan Pengguna Jalan di Madiun, Ada Apa? Sejumlah pesilat dan pengguna jalan berhenti dan menghormati bendera di depan Pasar Gondosuli, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Selasa (17/8/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sejumlah pesilat dari berbagai perguruan silat berdiri di tengah Jalan Raya Kare-Wungu atau di depan Pasar Gondosuli, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Selasa (17/8/2021). Mereka menghentikan pengguna jalan di jalan raya tersebut.

    Sejumlah kendaraan dari arah barat dan timur di jalan itu berhenti. Kemudian tepat pada pukul 10.17 WIB, seseorang membawa bendera merah putih yang sudah terpasang di tiang. Lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan dan kemudian para pesilat yang mengenakan pakaian serba hitam berdiri tegap dengan posisi hormat. Selain para pesilat, sejumlah pengguna jalan dan pedagang di Pasar Gondosuli juga ikut berhenti sejenak serta melakukan sikap tegap menghormati sang saka merah putih.

    Seusai menyanyikan lagu Indonesia Raya, mereka kemudian menyanyikan Mengheningkan Cipta. Para pesilat dan warga yang berhenti kemudia menundukkan kepala untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur.

    Puluhan Petani di Lereng Gunung Wilis Madiun Gelar Upacara Bendera di Tengah Sawah

    Usai itu, jalan kembali dibuka dan para pesilat yang sebelumnya berdiri di jalan membubarkan diri. Pengguna jalan yang sebelumnya berhenti bisa melaju lagi.

    Camat Kare, Tarnu Ashidiq, mengatakan pengibaran bendera merah putih di depan Pasar Gondosuli untuk memupuk rasa nasionalisme. Selain pengibaran bendera, lagu kebangsaan juga dinyanyikan dalam momen tersebut.

    “Tadi kami melibatkan beberapa perguruan silat. Ada juga dari pedagang. Pengguna jalan juga diberhentikan untuk sejenak mengormati bendera merah putih,” kata Tarnu.

    Hendak ke Madiun, Puluhan Pesilat dari Berbagai Daerah Diamankan Polisi

    Selain kegiatan tersebut, kata dia, ada beberapa kegiatan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Seperti pengibaran bendera merah putih di Gunung Wilis dan upacara bendera yang dilakukan petani di Desa Cermo.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.