Puluhan Petani di Lereng Gunung Wilis Madiun Gelar Upacara Bendera di Tengah Sawah

Puluhan petani di Desa Cermo menggelar upacara bendera di tengah persawahan desa setempat, Selasa (17/8/2021).

Puluhan Petani di Lereng Gunung Wilis Madiun Gelar Upacara Bendera di Tengah Sawah Puluhan petani di Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, mengikuti upacara bendera untuk memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI di tengah sawah, Selasa (17/8/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Ada berbagai cara untuk merayakan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya yang dilakukan puluhan petani di Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

    Puluhan petani itu menggelar upacara bendera di tengah persawahan desa setempat, Selasa (17/8/2021). Desa Cermo merupakan salah satu desa tinggi yang berada di lereng Gunung Wilis.

    Pantauan Madiunpos.com di lokasi, puluhan warga itu mengenakan pakaian ala petani. Ada yang memakai kaos dengan celan pendek, ibu-ibu mengenakan jarit, dan lainnya. Selain itu, mereka juga membawa alat-alat yang biasanya digunakan untuk bekerja, seperti arit dan caping.

    Pedagang Keluhkan Omzet Turun, Polisi Madiun Borong Bendera Merah Putih

    Di tengah terik matahari, mereka terlihat khidmat dalam mengikuti upacara bendera tersebut. Mereka berbaris rapi di lahan pertanian yang belum digarap. Lantaran masih masa pandemi Covid-19, upacara dilakukan dengan peserta terbatas dan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

    Puluhan petani di Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, mengikuti upacara bendera untuk memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI di tengah sawah, Selasa (17/8/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Enam petani kemudian membawa dan mengibarkan bendara merah putih. Bendera yang dikibarkan pun memiliki ukuran yang besar, yakni 10 meter X 3 meter.

    Saat bendera mulai dikibarkan, petugas paduan suara langsung menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sedangkan para peserta upacara berdiri dengan posisi hormat.

    Koordinator upacara bendera itu, Didik, 42, mengatakan upacara bendera itu memperingati HUT Kemerdekaan RI. Mereka sengaja melakukan upacara bendera itu di tengah sawah.

    Peringati HUT Kemerdekaan RI, Sukarelawan Gelar Upacara Bendera di Pemakaman Jenazah Covid-19 Madiun

    Menurutnya, ini adalah bentuk ekspresi para petani dalam memperingati hari kemerdekaan. Selain itu juga sebagai cara untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan pada negara.

    "Upacara ini melibatkan sekitar 30 petani. Bendera yang dikibarkan berukuran 10 meter X 3 meter. Itu benderanya dijahit sendiri oleh petani," kata Didik.

    Puluhan petani di Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, mengikuti upacara bendera untuk memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI di tengah sawah, Selasa (17/8/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Di masa pandemi, mereka mengaku juga mengalami dampak yang cukup signifikan dari berbagai sektor. Untuk itu, para petani di Desa Cermo berharap supaya pandemi segera berakhir.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.