IDULADHA 2015 : Teliti Beli Hewan Kurban, Ini Ciri Yang Sehat…

IDULADHA 2015 : Teliti Beli Hewan Kurban, Ini Ciri Yang Sehat… Petugas Dinas Petanian Kota Madiun mengecek kondisi hewan kurban jelang Iduladha 2015, Senin (21/9/2015).

    Iduladha 2015 dijelang Pemkot Madiun dengan menggelar pengecekan kesehatan hewan kurban di sejumlah pedagang.

    Madiunpos.com, MADIUN — Sebagian kambing yang ditawarkan pedagang hewan kurban di Kota Madiun ketahuan mengalami iritasi mata dan dehidrasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Pertanian Kota Madiun menjelang Iduladha 2015 ini pun menyosialisasikan ciri-ciri hewan kurban yang sehat.

    Sebagaimana diberitakan Madiunpos.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Pertanian Kota Madiun mempersiapkan tim khusus pemantau kesehatan hewan kurban menjelang Iduladha 2015. Tim itu melakukan pemeriksaan hewan kurban yang beberapa hari terakhir ini marak ditawarkan pedagang di sejumlah lokasi di wilayah setempat.

    Terungkap dalam pemeriksaan itu sejumlah kambing yang ditawarkan pedagang hewan kurban di Kota Madiun mengalami iritasi mata dan dehidrasi. Pemkot Madiun menurut Kasi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kota Madiun, Cahyarini Budiarti, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Antara, Senin (21/9/2015), langsung memberikan obat tetes mata kepada para pedagang hewan kurban.

    "Pemantauan dilakukan untuk memastikan kesehatab hewan ternak, terutama hewan kurban seperti sapi dan kambing. Seluruh hewan harus dipastikan layak secara kesehatan dan layak untuk dikonsumsi [pada perayaan Iduladha 2015]," kata Kasi Peternakan Bidang Peternakan dan Perikanan, Dinas Pertanian Kota Madiun, Herman Prakoso sebagaimana dikutip Madiunpos.com dari unggahan pengelola fanpage Facebook Humas Protokol Madiun Kota, Selasa (22/9/2015).

    Lebih lanjut, Rini—sapaan akrab Cahyarini Budiarti—berharap masyarakat yang ingin berkurban saat Iduladha 2015 teliti saat membeli kambing ataupun sapi yang akan digunakan untuk berkurban. Adapun ciri-ciri hewan kurban yang sehat, di antaranya berbulu halus, bola mata bersih, dan nafsu makan hewannya baik.

    Sementara itu, salah seorang penjual hewan kurban, Eny, mengaku senang dengan pemeriksaan kesehatan hewan yang dilakukan oleh dinas setempat. Pemeriksan itu, menurut dia semakin meyakinkan pembeli bahwa hewan kurban yang disediakannya dalam kondisi baik.

    "Untuk harga kambing, cukup bervariasi. Yakni sekitar Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekornya, tergantung ukurannya," ucap Eny. Harga tersebut naik berkisar 20% hingga 40% dibandingkan dengan bulan lalu sebelum mendekati Iduladha 2014.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.