Inilah 5 Perguruan Tinggi Terkenal di Madiun, Yang Mana Kampusmu?

Kota Madiun memiliki 5 perguruan tinggi yang terkenal dari total 18 perguruan tinggi.

Inilah 5 Perguruan Tinggi Terkenal di Madiun, Yang Mana Kampusmu? Akademi Perkeretaapian Indonesia (api.ac.id)

    Madiunpos.com, MADIUN – Walaupun terbilang sebagai kota kecil, Kota Madiun memiliki beberapa perguruan tinggi negeri, swasta, maupun kedinasan yang terkenal. Hal itu terlihat, mahasiswa yang mengenyam pendidikan di kota tersebut bukan hanya dari sekitaran Madiun. Melainkan juga dari berbagai daerah. Bahkan ada yang dari luar Jawa.

    Mengutip wikipedia.org, ada 18 perguruan tinggi loh di Madiun. Namun kali ini akan kami pilih lima lima yang paling terkenal. Mana saja? simak ulasan berikut..

    1. Akademi Perkeretaapian Indonesia (API)

    Akademi Perkeretapian Indonesia (API) merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki bidang pendidikan khusus perkeretaapian di Indonesia.

    Perguruan tinggi kedinasan yang berdiri pada tahun 2014 di Kota Madiun, Jawa Timur ini berada di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

    Perguruan tinggi yang berlokasi di Jl. Tirta Raya, Pojok, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia perkeretaapian seperti yang dituangkan dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS) tahun 2030.

    API memiliki empat program pendidikan yang terdiri atas Diploma III Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Diploma III Teknologi Mekanika Perkeretaapian, Diploma III Teknologi Elektro Perkeretaapian, dan Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

    Untuk mengikuti kegiatan perkuliahan biaya yang harus dikeluarkan per semesternya atau SPP berkisar Rp3 juta sampai dengan Rp5juta. Nilai tersebut berlaku untuk semua program pendidikan.

    Mahasiswa baru yang telah diterima nantinya akan mengikuti kegiatan awal sebagai Taruna API Madiun seperti Diklat Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar). Ada bisa mengakses informasi tentang API di situs https://api.ac.id

    2. Politeknik Negeri Madiun (PNM)

    Politeknik Negeri Madiun (pnm.ac.id)

    Kampus ini telah menjadi perguruan tinggi negeri sejak tahun 2012 setelah sebelumnya berstatus perguruan tinggi swasta. Politeknik Negeri Madiun memiliki dua kampus, yaitu Kampus 1 yang berada di Jl. Serayu No 84, Pandean, Madiun dan Kampus 2 di ring road Barat, Manguharjo, Sawahan, Winongo, Kec. Manguharjo, Kota Madiun.

    Politeknik Negeri Madiun menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.

    Sejak tahun 2012 telah dikembangkan delapan Program Studi Diploma III (D-III) dan satu Program Studi Diploma IV (D-IV). Yang dikelompokkan menjadi tiga jurusan. Yaitu Jurusan Administrasi Bisnis terdiri atas Prodi Bahasa Inggris dan Administrasi Bisnis. Jurusan Komputerisasi Akuntansi yaitu Prodi Komputerisasi Akuntasi dan Akuntasi. Sedangkan Jurusan Teknik adalah Prodi Mesin Otomotif, Teknik Komputer Kontrol, Teknik Listrik, Teknologi Informasi, dan satu Program Studi D-IV adalah Teknik Perkeretaapian

    Biaya SPP per semesternya juga dibedakan berdasarkan jurusan. Rp 2,75 juta untuk Jurusan Administrasi Bisnis dan Komputerisasi Akuntansi, sedangkan Jurusan Teknik senilai Rp 3,25 juta. Silakan kunjungi situs http://www.pnm.ac.id untuk informasi lebih lengkap.

    3. Universitas PGRI Madiun (Unipma)

    Kampus Universitas PGRI Madiun. (infomadiun.net)

    Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Madiun, disingkat Unipma berlokasi di Jl. Setiabudi No. 85, Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Universitas ini berdiri pada 17 Mei 1976.

    Universitas PGRI Madiun memiliki lima fakultas, 24 program studi dan dua pascasarjana. Lima fakultas tersebut yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA (FPMIPA), dan Fakultas Pendidikan Teknik Elektro.

    Untuk program pascasarjana yaitu Pendidikan Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

    Biaya SPP per semesternya Rp 2,97 juta sampai dengan Rp7,121 juta. Unipma memiliki situs resmi http://unipma.ac.id.

    4. Universitas Merdeka (Unmer)

    Kampus Universitas Merdeka. (solopos.com)

    Universitas Merdeka bertempat di Jl. Serayu dan berhadapan langsung dengan kampus 1 Politeknik Negeri Madiun.

    Keberadaan Universitas Merdeka Madiun pada awalnya merupakan cabang dari Universitas Merdeka Malang yang bertujuan untuk memberikan tempat dan kesempatan bagi para pemuda di kawasan Madiun dan sekitarnya yang memiliki kemauan untuk mengenyam pendidikan tinggi namun menghadapi berbagai kendala khususnya terkait biaya pendidikan dan lokasi.

    Universitas ini memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

    Fakultas Hukum terdiri atas satu program studi, Ilmu Hukum (S-1). Fakultas Pertanian juga satu program studi, yaitu Prodi Agroteknologi (S-1). Fakultas Ekonomi memiliki Prodi Manajemen (S-1) dan Prodi Akuntansi (S-1).

    Fakultas Teknik terdiri atas Prodi Teknik Mesin (S-1), Prodi Teknik Sipil (S-1), dan Prodi Manajemen Informatika (D-3). Dan yang terakhir Fakultas ISIP terdiri atas Prodi Ilmu Administrasi Negara (S-1) dan Prodi Ilmu Komunikasi (S-1).

    Melansir dari unmermadiun.ac.id, biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa per semesternya adalah untuk SPP Rp850.000, Rp 125.000/SKS, dan Iuran Kemahasiswaan Rp300.000.

    Lulusan Universitas Madiun nantinya akan bergelar S1. Namun, ada satu program studi yang lulusannya bergelar AMd, yaitu Program Studi Manajemen Informatika. Anda bisa mengakses informasinya di http://unmermadiun.ac.id.

    5. Universitas Katolik Widya Mandala

    Kampus Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. (ayokuliah.id)

    Universitas Katolik Widya Mandala Madiun yang mempunyai semboyan Non Scholae Sed Viitae Discimus, merupakan perguruan tinggi swasta yang sudah ada di Kota Madiun sejak tahun 1960. Semboyan tersebut mempunyai arti kita belajar bukan demi ilmu pengetahuan belaka, melainkan demi kehidupan yang lebih utuh dan manusiawi.

    Kampus perguruan tinggi yang kerap disebut Wima ini berlokasi di Jl. Manggis No. 15 – 17 Madiun. Wima Madiun semula bagian integral dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya – Madiun. Universitas ini dikelola oleh Yayasan Widya Mandala yang berkedudukan di Surabaya.

    Kampus ini memiliki enam fakultas yaitu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, MIPA, Sastra, Teknik, Ekonomi & Bisnis, dan Psikologi.
    Uang kuliah di Universitas tersebut mulai dari Rp4,75 juta sampai dengan Rp8,25 juta yang sudah termasuk SPP, SKS, kegiatan ekstra, Internet, biaya praktikum, ujian, KKN, dan skripsi. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi https://unika.widyamandala.ac.id.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.