Inspiratif, Siswa SD di Madiun Manfaatkan Limbah Cangkang Telur jadi Pupuk

Berawal dari melimpahnya limbah cangkang telur, siswa-siswi SDN 02 Kanigoro Madiun memanfaatkan limbah cangkang telur menjadi pupuk.

Inspiratif, Siswa SD di Madiun Manfaatkan Limbah Cangkang Telur jadi Pupuk Proses menghaluskan cangkang telur yang dilakukan oleh para siswa. (madiuntoday.id)

    Madiunpos.com, MADIUN – Telur merupakan sumber makanan yang dapat memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Karena mudah diolah, telur menjadi salah satu sumber makanan yang banyak dikonsumsi.

    Konsumsi telur yang melimpah tersebut juga menghasilkan limbah cangkang telur yang melimpah pula. Umumnya cangkang telur akan dibuang langsung ke tempat sampah. Namun ternyata limbah cangkang telur tersebut dapat dimanfaatkan menjadi pupuk.

    Hal itulah yang dilakukan oleh siswa-siswa SDN 02 Kanigoro Kota Madiun. Mereka mengolah limbah cangkang telur menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman. Selain itu, pupuk hasil inovasi siswa-siswi SD tersebut juga bisa untuk mengusir semut di tanah.

    Kasihan, Nabung Rp15 Juta di Bawah Kasur Hancur Dimakan Rayap

    Ide membuat pupuk dari limbah cangkang telur tersebut bermula karena imbauan dari Wali Kota Madiun, Maidi, untuk mengkonsumsi makanan sehat, salah satunya telur. Banyaknya limbah cangkang telur yang terbuang akhirnya menjadi ide awal pembuatan pupuk.

    “Ide awalnya selama pandemi ini Pak Wali Kota mengimbau agar kita mengkonsumsi makanan sehat, salah satunya telur. Nah, limbah kulitnya melimpah, daripada terbuang jadi sampah, kami berpikiran untuk memanfaatkannya menjadi pupuk,” terang Muljono, Kepala SDN 02 Kanigoro Madiun, dikutip dari madiuntoday.id, Jumat (8/1/2021).

    Limbah kulit telur tersebut awalnya dikumpulkan dan kemudian dicuci bersih lalu dikeringkan dan ditumbuk. Agar lebih halus dan bertekstur seperti serbuk, kulit telur tersebut juga diblender. Lalu dikeringkan kembali, selanjutnya dimasukkan ke wadah lalu siap untuk digunakan sebagai pupuk tanaman.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

     

    Inovasi 

    Pupuk hasil produksi siswa-siswi SD tersebut akan dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman-tanaman yang ada di sekitar lingkungan sekolah yang tengah mempersiapkan diri untuk menuju Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Tak heran jika sekolah tersebut terus berupaya mengeluarkan inovasi-inovasi terbaik seputar pemanfaatan limbah untuk sekitar.

    Muljono menambahkan selain untuk pembelajaran siswa-siswa SDN 02 Kanigoro, inovasi membuat pupuk tanaman dari limbah cangkang telur bisa menjadi contoh bagi masyarakat sekitar sekolah.

    “Harapannya ini sebagai pembelajaran anak-anak biar mereka tahu kalau kulit telur bisa bermanfaat. Lebih dari itu, kami juga berharap agar masyarakat sekitar sekolah juga bisa mengaplikasikan inovasi kami ini di lingkungan sekitar. Jadi pupuk yang digunakan untuk menyuburkan tanaman tidak melulu pupuk berbahan kimia,” pungkasnya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.