Jubir Satgas Covid-19 : Pasar hingga Perkantoran Jadi Klaster Kasus Covid-19

Klaster penyumbang kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia prinsipnya terkait kerumuman

Jubir Satgas Covid-19 : Pasar hingga Perkantoran Jadi Klaster Kasus Covid-19 Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

    Madiunpos.com JAKARTA — Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan sejumlah tempat menjadi klaster penyebaran Covid-19. Menurut dia, klaster-klaster tersebut menimbulkan kerumunan sehingga rentan terjadi penularan.

    “Klaster penyumbang kenaikan kasus di Indonesia prinsipnya terkait kerumuman,” kata Wiku dalam video conference dari Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/7/2020).

    Adapun sejumlah tempat yang dimaksud Wiku, antara lain pasar dan tempat pelelangan ikan di mana masyarakat banyak berkumpul. Kemudian, pesantren, transimisi lokal di setiap daerah, serta fasilitas kesehatan.

    Kasus Kematian Pasien Covid-10 Indonesia Lampaui China, Jatim jadi Penyumbang Terbanyak, Duh!

    Selain itu, Wiku menyebut acara-acara seminar, pusat perbelanjaan atau mal. Lalu tempat ibadah dan perkantoran juga menjadi klaster penularan virus corona penyebab Covid-19. Untuk itu, dia meminta kerja sama satgas daerah, masyarakat, dan lembaga atau penyedia fasilitas terkait untuk mencegah penyebaran Covid-19.

    “Ini agar betul-betul monitoring dan evaluasi. Kalau ada peningkatan kasus, berarti ada yang tidak sempurna pelaksanaannya. Mohon petugas dikerahkan disiplin warga atau orang yang bekerja di situ karena untuk inilah kita kerja sama menekan kasus Covid-19 sehingga klaster-klaster ini tidak menonjol lagi,” sambung Wiku dilansir dari Liputan6.com.

    Ngaku Bisa Gandakan Uang Triliunan Rupiah, Dukun Gadungan asal Malang Diringkus Polisi

    Sebagai informasi, kasus positif Covid-19 di Indonesia menembus lebih dari 100.000 pada Senin, 27 Juli 2020. Dalam 24 jam terakhir, kasus positif virus Corona bertambah 1.525 orang.

    Dikutip dari covid19.go.id, total kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 100.303 kasus. Sementara untuk pasien sembuh bertambah 1.518 menjadi 58.173 orang.

    Suhu Beberapa Wilayah di Jatim Lebih Dingin, Ternyata Ini Penyebabnya

    Sementara itu, kasus meninggal dunia bertambah 52 orang. Sehingga total kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 4.781 orang. Persentase kematian masih di angka 4,8 persen.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.