Kabar Gembira, Pemprov Jawa Timur Kantongi Dua Rekor MURI

Dalam menangani pandemi Covid-19, menurut Gubernur Khofifah ikhtiar profesional harus diikuti ikhtiar spiritual.

Kabar Gembira, Pemprov Jawa Timur Kantongi Dua Rekor MURI Pemprov Jatim dapat penghargaan MURI (Liputan6.com/Istimewa)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur Meraih dua penghargaan sekaligus dari Museum Rekon Dunia Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut diterima Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

    Kedua penghargaan MURI tersebut diberikan untuk rekor Khotmil Qur’an Kubro secara daring terbanyak. Satu lagu untuk Nuzulul Qur’an 1441 H secara daring pertama.

    Penghargaan tersebut diterima karena Khofifah dinilai sukses dan berhasil menyelenggarakan acara Khotmil Qur’an Kubro 2020 Kali. Juga Nuzulul Qur’an online yang dilaksanakan pada 9 Mei 2020.

    Pemprov Jatim Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak dan Rentan Senilai Rp600 Miliar

    Kedua penghargaan ini diserahkan Ketua Umum MURI Jaya Suprana secara virtual yakni melalui sambungan video conference kepada Khofifah yang berada di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat sore, (15/5/2020).

    Khofifah menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya. Dia menuturkan penghargaan ini tidak hanya untuk dirinya pribadi namun juga bagi hafidz hafidzah dan juga 17 bupati walikota yang mengikuti acara tersebut.

    "Ini menjadi kabar gembira dan bahagia bagi 4.000 penghafal Qur’an, hafidz hafidzah yang membaca Al qur'an dengan hafalan (bil ghoib) secara online. Serta untuk para bupati walikota yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut. Jadi penghargaan ini untuk mereka semua,” ujar Khofifah seperti diberitakan Antaranews.com,Sabtu (16/5/2020).

    Terapkan Kampung Tangguh Cegah Covid-19, Pemprov Jatim gandeng TNI-Polri

    Khofifah merasa kaget dan tidak menyangka acara yang dilakukan untuk memperingati Nuzulul Qur’an kemarin mendapat apresiasi dari MURI. Apalagi saat ini masih dalam suasana keprihatinan di tengah pandemi Covid-19.

    Ikhtiar Spiritual

    Awalnya, ia mencari format bagaimana menyelenggarakan peringatan Nuzulul Qur’an di tengah pandemi Covid-19. Dengan tetap melakukan protokol kesehatan yakni physical distancing, tetapi tidak mengurangi hikmatnya acara.

    Wali Kota Malang Berharap PSBB 14 Hari Kasus Corona Turun Drastis

    Ditambah, beberapa bupati/walikota juga sama-sama ingin memperingati Nuzulul Qur’an dan bermunajat bersama. Oleh karena itu dipilih 17 bupati/walikota yang mewakili wilayah mulai ujung timur, barat, utara, dan selatan Jawa Timur.

    "Akhirnya ketemu format secara daring tersebut. Kami tidak menyangka MURI menangkap momen tersebut," tutur dia.

    Dalam menangani pandemi Covid-19, lanjutnya, ikhtiar profesional harus diikuti ikhtiar spiritual. Untuk itu, acara Khotmil Qur’an dan Nuzulul Qur’an 1441 H secara daring yang diselenggarakan Pemprov Jatim menjadi bagian dalam ikhtiar spiritual yang dilakukan.

    Pasien RSKI Unair Mayoritas Ber-KTP Surabaya

    Sementara itu melalui sambungan video conference, Ketua Umum MURI Jaya Suprana mengatakan, rekor ini bukan sekadar rekor biasa Indonesia, tapi juga rekor dunia. Ini prestasi yang layak dibanggakan bukan hanya warga Jatim tapi seluruh Bangsa Indonesia.

    "Ini menarik karena di situasi Covid-19 Ibu Gubernur bisa menyelenggarakan acara seperti ini. Kami terharu dan teringat pada Almarhum Gus Dur. Kami yakin beliau dari atas melihat dan merasa bahagia serta bangga atas apa yang terjadi di Jatim di bawah pimpinan Ibu Khofifah,” pungkasnya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.