Kabupaten Madiun Miliki 14 Kampung KB, Ini Kegiatannya

Kabupaten Madiun Miliki 14 Kampung KB, Ini Kegiatannya Ilustrasi KB (JIBI/Dok)

    Bupati mencanangkan Kampung KB Madiun.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Bupati Madiun Muhtarom, Rabu (19/7/2017), mencanangkan kampung keluarga berencana (KB) tahun 2017 di Alun-Alun Kabupaten Madiun di Mejayan, Caruban. Pencanangan sebagai wujud peningkatan pelaksanaan program KB.

    Acara itu dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, perwakilan anggota Forkopimda, dan Ketua DPRD Kabupaten Madiun.

    Bupati Muhtarom dalam sambutannya mengatakan kampung KB merupakan salah satu program inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui keterpaduan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pemerdayaan Keluarga (KKBPK) dengan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

    "Ini merupakan tidak lanjut Presiden RI agar manfaat program kependudukan dan KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat, utamanya yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan," ujar Muhtarom.

    Menurut dia, di Kabupaten Madiun sendiri, kampung KB awalnya dicanangkan di Desa Kepel, Kecamatan Kare, pada 3 Mei 2016.

    "Dan hingga saat ini sudah terbentuk 14 kampung KB secara serentak, atau setiap kecamatan ada satu kampung yang dicanangkan sebagai Kampung KB," kata dia.

    Adapun, kegiatan utama yang dilakukan dalam kampung KB antara lain peningkatan kepesertaan KB aktif khususnya metode kontrasepsi jangka panjang; mengurangi angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi lahir; serta penyediaan kesehatan dasar.

    Dalam kesempatan tersebut Bupati Madiun juga menyerahkan SK kampung KB kepada perwakilan kepala desa yang ditunjuk dan sekaligus menandatangani prasasti kampung KB di Kabupaten Madiun.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.