KASUS EMBUNG PILANGBANGO : Embung Pilangbango Mempihatinkan, Warga Desak Pembangunan Dituntaskan

KASUS EMBUNG PILANGBANGO : Embung Pilangbango Mempihatinkan, Warga Desak Pembangunan Dituntaskan Kondisi talut Embung Pilangbango, Kartoharjo, Kota Madiun yang sudah banyak mengalami kerusakan, Selasa (23/2/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Kasus Embung Pilangbango mengakibatkan pembangunan embung Madiun itu terhenti saat ini kondisi bangunan embung banyak yang rusak.

    Madiunpos.com, MADIUN — Kondisi Embung Pilangbango yang berada di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun semakin memprihatinkan. Talut Embung Pilangbango banyak yang rusak dan ambrol.

    Pantauan Madiunpos.com di Embung Pilangbango , sejumlah orang memanfaatkan Embung Pilangbango sebagai tempat memancing ikan. Sebagian besar talut yang mengelilingi embung itu retak-retak bahkan tidak sedikit yang sudah ambrol.

    Embung seluas 2,20 hektare tersebut juga dipenuhi rumput liar.

    Bahayakan Warga
    Seorang warga yang berkunjung ke Embung Pilangbango, Atok, 37, mengatakan kondisi embung tersebut semakin buruk, banyak talut atau dinding penahan embung sudah rusak. Selain itu, tanah yang ada di embung juga sering longsor karena dinding penyangganya rusak.

    Atok mendesak Pemkot Madiun segera menyelesaikan pembangunan Embung Pilangbango. Embung Madiun itu setiap hari dikunjungi anak-anak dan dimanfaatkan warga sebagai tempat memancing ikan.

    “Itu kondisi bangunan embung seperti itu, kalau ada anak yang terperosok ke embung kan berbahaya. Banyak anak-anak yang bermain di sini,” kata dia kepada Madiunpos.com di lokasi Embung Pilangbango, Selasa (23/2/2016).

    Dia menyadari pembanguann embung Madiun tersebut belum selesai karena terganjal persoalan korupsi yang melibatkan sejumlah pejabat Pemkot Madiun. Namun, dia berharap pemerintah tetap segera menyelesaikan pembangunan tersebut supaya kawasan Embung Pilangbango aman bagi pengunjung.

    “Di Embung Pilangbango ini setiap sore pasti banyak anak-anak yang bermain. Embung ini sudah menjadi salah satu tempat wisata bagi warga sekitar,” ujar dia.

    Kaya Ikan
    Warga lain, Rahman, 20, berharap pembangunan Embung Pilangbango bisa segera diselesaikan. Dia mengakui sering memancing ikan di embung tersebut. Ini karena selain lokasinya tidak jauh dari desanya, juga ikan di embung Madiun itu banyak.

    “Beberapa bulan yang lalu embung ini kan disebar benih ikan mulai dari lele, nila, dan beberapa jenis ikan lain. Jadi ikan di embung ini banyak banget,” ujar dia.

    Menurut Rahman, Embung Pilangbango ini sudah menjadi salah satu tempat umum yang banyak dikunjungi warga sekitar. Selain itu, sebenarnya air yang ada di embung juga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah yang ada di sekeliling embung.

    “Selama ini embung hanya dimanfaatkan sebagai tempat memancing saja, tetapi fungsi utamanya seperti antisipasi banjir dan untuk mengairi sawah belum terwujud,” kata Rahman.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.