Kenali Beragam Jenis Masker Wajah Ini Agar Tak Salah Pilih

Agar tak salah memilih masker wajah, Anda harus mengenali jenis masker dan manfaatnya. Ada beberapa masker wajah yang bisa dicoba.

Kenali Beragam Jenis Masker Wajah Ini Agar Tak Salah Pilih Ilustrasi menggunakan clay mask. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN-Masker wajah merupakan salah satu jenis perawatan wajah yang mudah dilakukan. Masker wajah juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Selain mampu mengangkat kotoran dan sel-sel mati, masker juga dapat melembabkan, mengatasi jerawat dan mengencangkan wajah.

    Masker wajah sangat beragam jenisnya yang memiliki fungsi dan manfaat berbeda-beda. Sebelum membeli masker wajah, sebaiknya Anda memilih masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Tujuannya agar mendapat hasil yang maksimal.

    Agar sesuai dengan kulit Anda, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis masker yang ada. Dikutip dari theasianparent.com, Rabu (18/11/2020), berikut beberapa masker wajah beserta fungsinya.

    Gempar! Mayat Bayi di Jember Diduga Dibakar Hidup-Hidup

    1. Sheet mask

    Jenis masker wajah yang paling praktis untuk digunakan adalah sheet mask. Masker yang berupa lembaran yang terbuat dari tisu atau kapas ini terendam dalam essence di dalam kemasannya. Sebelum menggunakannya, cuci wajah terlebih dahulu dengan pembersih atau facial wash. Jenis masker yang satu ini cukup dipakai selama 15 hingga 20 menit dan tidak perlu dibilas lagi dengan air.

    Sheet mask bisa digunakan untuk semua jenis kulit, serta dapat membantu memberikan kelembapan ekstra untuk kulit. Oleh karena itu, jenis masker ini sangat cocok untuk kulit kering.

    1. Sleeping mask

    Sleeping mask adalah masker yang digunakan di malam hari dan bisa digunakan selama tidur. Setelah menggunakan produk-produk perawatan kulit di malam hari, Anda bisa mengaplikasikan sleeping mask dan tidur. Kemudian bilas masker di pagi hari.

    Sleeping mask dapat melembapkan kulit dengan lebih baik dibandingkan hanya menggunakan krim malam. Beberapa merek sleeping mask juga mengandung bahan-bahan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan juga mencerahkan wajah.

    Lagi, Dokter RSU dr. Soetomo Surabaya Meninggal Positif Covid-19

    1. Clay mask

    Masker dengan bahan dasar tanah liat ini cocok untuk kulit berminyak dan juga berjerawat. Kulit kering juga bisa menggunakan clay mask, namun sebaiknya jangan terlalu sering karena dapat membuat kulit semakin kering.

    Pada umumnya, bahan dasar clay mask adalah tanah liat jenis kaolin atau bentonite yang dapat menyerap kelebihan minyak pada wajah. Clay mask juga bisa membantu membersihkan kotoran dan sel kulit mati.

    1. Peel of mask

    Jika Anda memiliki masalah komedo, baik komedo putih atau hitam, gunakan peel of mask untuk membersihkan kulit dengan baik. Masker peel of biasanya bertekstur gel atau cream dan akan mengering setelah dioleskan ke wajah. Kemudian setelah kering, masker ini bisa mengelupas dan komedo akan ikut terangkat.

    Selain membersihkan, peel of mask dapat membantu mengencangkan kulit dan juga melancarkan peredaran darah.

    Aneh! 7 Gerbong KA Meluncur Tanpa Lokomotif Sejauh 2,3 Kilometer di Malang

    1. Mud mask

    Meski cara penggunaannya kurang lebih sama dengan clay mask dan wash of mask, yang membedakan adalah bahan utamanya. Mud mask terbuat dari lumpur yang mengandung mineral. Mineral tersebut dapat dapat menutrisi kulit sekaligus membersihkannya dari kotoran.

    Jenis masker ini banyak mengandung cukup banyak air sehingga dapat pula digunakan untuk melembapkan kulit kering. Cukup gunakan sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

    1. Exfoliating mask

    Penggunaan exfoliating mask berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Dibanding menggunakan scrub untuk wajah. Exfoliating mask akan lebih efektif.

    Setelah menggunakan exfoliating mask jangan lupa untuk mengaplikasikan krim pelembab setelahnya serta memakai sunscreen pada siang hari karena AHA dan BHA membuat kulit sedikit lebih sensitif akan sinar ultraviolet.

    Mamah Dedeh Positif Kena Covid-19

    1. Charcoal mask

    Charcoal mask terbuat dari bubuk arang aktif (activated charcoal) yang bisa membunuh bakteri serta membantu proses penyembuhan jerawat. Jenis masker ini bisa digunakan untuk semua kulit berminyak.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.