Keren, Siswi SD Kota Madiun Sabet Juara Pertama Lomba Bertutur Nasional

Siswi SDN 01 Kartoharjo, Kota Madiun, Pelangi Tunjung Kusuma, berhasil menyabet juara pertama Lomba Bertutur Jenjang SD/MI tingkat nasional tahun 2021.

Keren, Siswi SD Kota Madiun Sabet Juara Pertama Lomba Bertutur Nasional Pelangi Tunjung Kusuma, siswi SDN 01 Kartoharjo, Kota Madiun, saat tampil dalam ajang Lomba Bertutur Jenjang SD/MI tingkat nasional 2021, Rabu (8/9/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Siswi SDN 01 Kartoharjo, Kota Madiun, Pelangi Tunjung Kusuma, berhasil menyabet juara pertama Lomba Bertutur Jenjang SD/MI tingkat nasional tahun 2021. Dalam ajang itu, Pelangi membawakan dongeng berjudul Pak Mendong.

    Pelangi berhasil menjadi yang terbaik dan mengalahkan 33 peserta lain dari berbagai provinsi se-Indonesia. Pelangi berhasil meraih poin tertinggi dengan total nilai 4.420.

    Dia menuturkan mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang digemarinya. Saat ada lomba bertutur dan diwajibkan mendongeng, Pelangi langsung antusias untuk mengikutinya. Dia pun melakukan latihan vokal, mimik wajah, dan intonasi bercerita.

    Bocah Madiun yang Diculik Pengusaha Sragen Kini Dititipkan di Panti Asuhan

    “Tidak menyangka bisa menang. Cita-cita nanti ingin jadi pendongeng,” kata dia seusai mengikuti pengumuman juara lomba itu melalui siaran live YouTube milik Perpustakaan Nasional RI, Kamis (9/9/2021).

    Dalam ajang itu, Pelangi bukan hanya menjadi peserta yang mewakili Kota Madiun saja, tetapi sebagai perwakilan dari Provinsi Jawa Timur. Pelangi tampil di ajang nasional itu pada Rabu (8/9/2021) dengan menampilkan cerita Pak Mendong.

    Dia berhasil membawakan cerita yang apik dan membuat pendengar hanyut dalam cerita itu. Tidak hanya pandai memainkan gerakan tubuh dan mimik wajah sesuai cerita, Pelangi juga menampilkan nada suara yang berbeda-beda sesuai tokoh dalam cerita.

    Padahal dalam cerita itu ada empat tokoh yang dibawakan. Yaitu Pak Mendong dan istrinya sebagai tokoh utama dan juragan kikir serta warga yang menjadi pelengkap cerita.

    Mahasiswa Baru Unipma Dibekali Materi Bahaya Terorisme dari BNPT

    Ketua TP PKK Kota Madiun yang juga Bunda Baca, Yuni Setyawati, mengapresiasi prestasi yang berhasil ditorehkan Pelangi. Menurut dia, perjuangan Pelangi untuk mendapatkan juara nasional patut dijadikan contoh bagi anak-anak di Kota Madiun.

    “Luar biasa, dari awal penampilan Pelangi sudah oke. Saya berharap Pelangi bis ateurs berprestasi dan juga ini bisa jadi contoh semuanya untuk dapat berprestasi ke depannya,” kata dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.