Liana Ners, Wanita Trenggalek Pembebas ODGJ Dari Pemasungan

Pegawai Puskesmas Dongko, Trenggalek, Liana Ners, banyak membebaskan ODGJ dari pemasungan.

Liana Ners, Wanita Trenggalek Pembebas ODGJ Dari Pemasungan Liana membersihkan pria pengidap gangguan jiwa yang dipasung dan dikandang. (Youtube/liana ners)

    Madiunpos.com, MADIUN – Menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) memanglah tidak mudah. Butuh kesabaran dan keikhlasan. Hanya sedikit orang yang mau dan mampu merawat ODGJ. Liana adalah salah satunya. Ia dianggap pahlawan karena telah membebaskan banyak ODGJ dari pemasungan.

    Berkat sepak terjangnya yang gigih merawat ODGJ, Liana menuai pujian warganet.

    Liana adalah salah satu perawat di Puskesmas Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jatim. Di sana, ia menjadi koordinator rawat inap.

    Sejak sekolah, Liana mengaku sudah respek dengan para penyandang gangguan jiwa. Kebetulan, pada 2010 ia diberi amanat untuk mengemban program ODGJ. Program tersebut sukses dijalankan. Beberapa tahun kemudian, dibentuklah tim ODGJ dengan kekuatan enam personel di Puskesmas Dongko.

    Gagal Bobol ATM dan Brankas Alfamart, Perampok Amatiran Bawa Lari Rp300 Ribu dari Laci Kasir

    Wanita 48 tahun ini sering mengabadikannya momen ia merawat ODGJ melalui rekaman video yang kemudian dibagikan lewat akun Youtube-nya, @LianaNers.

    Sampai saat ini akunnya telah diikuti 315.000 subcribers. Ia aktif mengunggah videonya saat menangani pasien ODGJ. Setidaknya ada 78 video yang ia unggah sejak 23 Oktober 2018.

    Videonya berisi kegiatan Liana bersama TIM ODGJ menangani orang dengan gangguan jiwa. Akun itu bertujuan sebagai bukti dokumentasi kegiatan Tim ODGJ sekaligus berbagi informasi tentang bagaimana caranya memanusiakan manusia, terutama ODGJ .

    Masih Ingat Wagini Anak Genderuwo ? Begini Kondisinya Sekarang

    Setiap video yang diunggah dilihat ratusan ribu viewers. Berbagai komentar pujian pun dituliskan para netizen.

    Salah satu video yang ia unggah adalah saat ia dan rekannya dari Puskesmas Dongko berupaya melepaskan pria pengidap gangguan jiwa yang telah lama dipasung. Pria malang itu juga dimasukkan kandang oleh keluarganya. Dibantu aparat kepolisian, Liana berhasil membujuk pria itu untuk mau keluar kandang.

    Wanita berkerudung itu juga dengan telaten mencukur dan memandikan si pasien hingga bersih. Setelah itu, Liana bersama tim membawa pria itu ke puskesmas.

    Mbak Liana Ners, sampeyan mengajarkan arti cinta yang sebenarnya, Tuhan permudahkan semua urusan mbaknya….,” tulis @cahmancing13.

    Gusti Allah maha adil menciptakan pejuang-pejuang seperti mereka, yang membantu tanpa lelah,” tambah @titikurnia.

    KA Singasari Relasi Blitar-Pasarsenen Ubah Jadwal, Ini Perubahannya

    Aksi ibu dari tiga anak ini bisa menjadi teladan. Dia sama sekali tidak jijik menangani kasus ODGJ. Bagi Liana, salah satu cara menyembuhkan pasien ODGJ ini dengan menganggap mereka teman.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.