Lolos SNMPTN 2021 di Unair, Anak Petani di Madiun Ini Jadi Mahisiswi Termuda

Siswi dari MAN 2 Kota Madiun jadi mahasiswi termuda di Unair yang lolos melalui jalur SNMPTN 2021.

Lolos SNMPTN 2021 di Unair, Anak Petani di Madiun Ini Jadi Mahisiswi Termuda Ainiyah Hasna Fadhilah, siswa MAN 2 Kota Madiun yang lolos SNMPTN 2021 Unair, Kamis (25/3/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Satu dari empat orang pelajar berusia di bawah 16 tahun yang diterima menjadi mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 di Universitas Airlangga Surabaya adalah warga Madiun. Pelajar itu bernama Ainiyah Hasna Fadhilah dari MAN 2 Kota Madiun.

    Siswi yang lahir pada tanggal 15 November 2005 itu merupakan warga Desa Dempelan, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Dia mengaku tidak menyangka bisa diterima sebagai mahasiswa Unair dan menjadi mahasiswa termuda.

    "Saya waktu kemarin daftar SNMPTN, pilihan pertama di Unair ambil Kesehatan Masyarakat dan pilihan kedua UIN Malang ambil Farmasi. Dan ternyata yang diterima di Unair," kata Hasna saat ditemui di MAN 2 Kota Madiun, Kamis (25/3/2021).

    Tertabrak KA Parcel Selatan, Seorang Pria di Madiun Tewas

    Anak pertama dari tiga bersaudara pasangan suami istri Didik Aswadi dan Agus Dyah Fitriani itu mengaku senang bisa lolos dan menjadi mahasiswa Unair. Dia memilih program studi Kesehatan Masyarakat karana ingin mengikuti jejak sang ibu yang sempat jadi tenaga kesehatan.

    Hasna menceritakan dirinya menyelesaikan waktu belajar di MAN 2 Kota Madiun hanya dalam waktu dua tahun saja. Hasna masuk dalam program khusus SKS atau Sistem Kredit Semester.

    Selain itu, saat belajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kota Madiun, Hasna juga ikut program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI). Melalui program ini, Hasna hanya menempuh pendidikan selama dua tahun saja.

    "Jadi saya di MTs hanya dua tahun, kemudian di MAN juga dua tahun," kata Hasna yang menceritakan ayahnya bekerja sebagai seorang petani.

    UNS Kembangkan Kampus di Caruban, Ini Kata Menko PMK

    Ditanya terkait motivasinya, Hasna mengaku ingin cepat lulus sekolah dan melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Sehingga dirinya bisa memiliki waktu lebih panjang untuk meraih kesuksesan.

    Selain itu, dia pun mendapatkan dorongan dan dukungan dari kedua orang tuanya. Mengenai jam belajar, dia mengaku hanya belajar saat malam saja. Selain mengikuti sejumlah les pelajaran.

    Waka Humas MAN 2 Kota Madiun, Yuli Irfan Aliuridho, mengatakan Hasna merupakan salah satu siswanya yang lolos SNMPTN di Unair pada tahun ini. Hasna merupakan siswa yang mengikuti program SKS di madrasah tersebut.

    "Kalau di sini ada yang namanya program SKS. Itu siswa hanya butuh waktu dua tahun untuk lulus. Tapi untuk masuk di program itu memang ada seleksi. Di angkatannya Hasna ada 18 anak yang ikut program ini," jelas dia.

    Irfan menuturkan siswanya yang mengikuti SNMPTN tahun 2021 ada 103 orang. Dari jumlah pendaftar itu, ada 17 orang yang berhasil lolos SNMPTN di berbagai perguruan tinggi negeri. Ada yang lolos menjadi mahasiswa di Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, IPB, Universitas Jember, dan lainnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.