Mandi Saat Tubuh Berkeringat, Ini Tipsnya

Mandi saat tubuh berkeringat sebenarnya aman untuk dilakukan. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mandi saat tubuh berkeringat

Mandi Saat Tubuh Berkeringat, Ini Tipsnya Ilustrasi mandi. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Berkeringat setelah melakukan aktivitas atau olahraga merupakan hal yang normal. Keluarnya keringat dari tubuh merupakan proses pendinginan tubuh untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil.

    Saat berkeringat, rasanya tentu ingin mandi dengan air dingin agar tubuh kembali segar. Namun, bolehkah mandi saat tubuh masih berkeringat? Anggapan ini umum dalam masyarakat bahwa tidak boleh mandi saat berkeringat.

    Sebenarnya, mandi saat berkeringat setelah olahraga merupakan hal yang aman untuk dilakukan, dan justru dianjurkan. Dilansir dari klikdokter.com, Selasa (26/1/2021), tetapi, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum mandi saat tubuh berkeringat.

    Waduh, 49 Bayi di Kota Malang Meninggal Terpapar Covid-19

    1. Keringkan keringat sebelum mandi

    Hal penting sebelum mandi setelah berolahraga atau setelah beraktivitas adalah mengeringkan keringat terlebih dahulu. Hal ini dapat menghilangkan lengket dari tubuh Anda.

    Bila Anda enggan untuk mandi saat tubuh berkeringat, sebaiknya keringkan keringat menggunakan handuk kecil dan berikan bedak tabur untuk menjaga kulit tubuh tetap kering sampai waktu mandi tiba.

    1. Menormalkan suhu tubuh

    Setelah beraktivitas, biasanya tubuh akan berkeringat dan suhu tubuh ikut meningkat. Jika masih dalam tahap ini, jangan buru-buru mandi, sebaiknya turunkan dulu suhu tubuh Anda.

    Cara yang bisa dilakukan untuk membantu menormalkan suhu tubuh adalah dengan duduk sejenak dan mengatur pernapasan.

    5 ASN Ajukan Banding ke Gubernur setelah Dicopot Bupati Jember Faida

    1. Minum air putih

    Mengembalikan suhu normal tubuh ke keadaan semula dapat dibantu dengan minum segelas air putih. Selain dapat menurunkan suhu tubuh, minum air putih sebelum mandi juga dapat mencegah dehidrasi.

    1. Perhatikan suhu air yang digunakan

    Pilih suhu air yang akan digunakan. Pilih suhu air yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda, jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

    Mandi dengan air hangat memang menggoda untuk dilakukan, apalagi saat Anda nyeri otot setelah berolahraga. Namun, hati-hati, suhu yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi kering sehingga bisa membuatnya meradang.

    Bukan Mars, Planet Ini Disarankan Ilmuwan Sebagai Tempat Tinggal Manusia

    1. Perhatikan durasi mandi

    Bila Anda terlalu lama mandi, maka kelembaban alami tubuh bisa berkurang. Jadi, ketika Anda akan mandi saat tubuh berkeringat, pastikan untuk memperhatikan durasi mandi.

    1. Gunakan pelembab setelah mandi

    Mandi dapat menurunkan kelembaban tubuh. Karena itu, untuk menjaga kelembabannya, keringkan kulit Anda setelah mandi dengan cara menepuk-nepuk lembut kulit menggunakan handuk. Anda juga bisa mengoleskan pelembab ke seluruh tubuh.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.