Yuk Tersenyum, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental dan Tubuh

Senyum adalah gambaran rasa senang dan bahagia. Tak hanya itu, tersenyum ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental.

Yuk Tersenyum, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental dan Tubuh Ilustrasi tersenyum. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Tersenyum adalah tindakan yang paling mudah untuk dilakukan. Namun, tindakan kecil ini berdampak besar bagi setiap orang.

    Senyuman lebih dari sekedar ungkapan rasa senang dan bahagia. Makna dari senyum itu sendiri sangatlah dalam. Berbagai penelitian ilmiah telah mengkonfirmasi bahwa senyuman yang tulus dapat mengirimkan segala bentuk arti untuk orang lain.

    Tak hanya sebagai ungkapan rasa senang dan bahagia, senyum ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Dilansir dari klikdokter.com, Selasa (26/1/2021), berikut ini manfaat tersenyum.

    Pakai Aplikasi Mentalku, Tes Psikologi Buat SIM Semudah Pesan Fast Food

          1. Meredakan stres

    Senyum membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres. Mereka yang secara alami sering tersenyum diketahui lebih cepat pulih dari depresi. Senyum juga memiliki kemampuan layaknya morfin dalam membantu meredakan stres dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak.

    1. Memperbaiki mood

    Jika Anda merasa sedih, cobalah tersenyum. Hal ini akan membuka kesempatan agar suasana hati berubah menjadi lebih baik. Tersenyum dapat menipu tubuh untuk meningkatkan suasana hati, karena tindakan tersebut sebenarnya mengaktifkan pesan saraf di otak.

    Senyum memicu pelepasan komunikasi saraf dan meningkatkan neuropeptida serta neurotransmiter. Sehingga, hal tersebut meningkatkan suasana hati.

    Si Merona, Kreativitas Dokter Mojokerto Sembuhkan Pasien Covid-19 Lebih Cepat

    1. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Senyuman yang tulus bisa membantu sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi lebih efektif.

    Diperkirakan, ketika tersenyum, fungsi kekebalan tubuh meningkat akibat adanya perasaan rileks berkat pelepasan neurotransmitter tertentu.

    1. Meredakan rasa sakit

    Manfaat senyum selanjutnya adalah dapat membantu meredakan rasa sakit. Tidak sedikit orang yang meyakini hal ini. Pasalnya, dengan tersenyum, hormon endorfin akan bekerja untuk mengurangi rasa nyeri yang ada.

    5 ASN Ajukan Banding ke Gubernur setelah Dicopot Bupati Jember Faida

    1. Menurunkan tekanan darah

    Tersenyum dan tertawa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat senyum yang satu ini telah diteliti tahun 2009. Menurut peneliti, tertawa memicu periode relaksasi otot dan penurunan denyut jantung serta tekanan darah. Sehingga, Anda akan terhindar dari penyakit kronis.

    1. Menyehatkan paru-paru

    Saat Anda tersenyum dan tertawa, organ paru-paru bisa mengembang dan terisi lebih banyak oleh oksigen. Alhasil, kondisi ini membuat paru-paru Anda lebih kaya akan oksigen, lebih bersih, dan juga sehat.

    Bukan Mars, Planet Ini Disarankan Ilmuwan Sebagai Tempat Tinggal Manusia

    1. Memelihara kesehatan mental

    Orang yang mudah tersenyum cenderung dapat menetralkan segala bentuk emosi negatif yang muncul dalam hidupnya. Alhasil, orang tersebut lebih bisa mengimbangi dan mengelola stres dengan lebih baik serta terhindar dari kesepian.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.