Membanggakan! Desa Pule Madiun Masuk Nominasi Lomba Desa Jatim 2021

Desa Pule yang ada di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, masuk nominasi enam besar Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur 2021.

Membanggakan! Desa Pule Madiun Masuk Nominasi Lomba Desa Jatim 2021 Kampung Ceria Desa Pule yang ada di Desa Pule, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun , menjadi nominasi Lomba Desa tingkat Jatim 2021, Kamis (1/6/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Desa Pule yang ada di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, masuk nominasi enam besar Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur 2021. Saat ini, tim penilai masih melakukan penilaian lapangan di kampung wisata tersebut.

    Pantauan Madiunpos.com di lokasi, Kamis (1/7/2021), Kampung Ceria di Desa Pule itu memiliki konsep taman wisata yang berisi taman bunga, pujasera, taman baca, kolam ikan, hingga tempat makan yang ada di tengah-tengah sawah. Taman wisata ini ingin menonjolkan kearifan lokal warga desa yang mayoritas bekerja sebagai petani.

    Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Jatim 2021, Heru Suseno, mengatakan Desa pule masuk nominasi enam besar dalam lomba ini. Selain Desa Pule, ada lima desa lain yang masuk nomuniasi, yaitu desa di Sidoarjo, Gresik, Ponorogo, dan Blitar.

    Dia menuturkan penilaian lapangan terhadap Desa Pule sebagai nominator dalam lomba ini tidak berlangsung tiba-tiba. Tetapi, ada proses panjang yang harus dilewati.

    Kasus Covid-19 Melonjak, Madiun Raya Jadi Perhatian Pemprov Jatim

    “Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh desa atau kelurahan sehingga masuk nominasi tingkat provinsi,” kata dia.

    Desa yang ikut lomba ini adalah desa yang menjadi juara di tingkat kabupaten. Hal itu harus dilengkapi dengan SK penetapan pemenang dan profil desa.

    Sedangkan untuk fokus penilaian lapangan ini ada tiga bidang, yakni bidang pemerintahan dengan indikator ketertiban administrasi, pengelolaan aset, dan keamanan serta ketertiban.

    Kedua, bidang kewilayahan yang meliputi pengembangan potensi wilayah untuk peningkatan pendapatan desa.

    Ketiga, bidang kemasyarakatan yang meliputi fungsi lembaga kemasyarakatan desa dan fungsi BPD di desa tersebut.

    “Itu indikator-indikator utama yang difokuskan untuk melakukan penilaian lapangan,” kata dia.

    Aneh! Ada Pohon Nangka Berbuah Mirip Durian di Ponorogo

    Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan Desa Pule selain memiliki kampung wisata juga memiliki produk UMKM yang layak untuk dijual. Desa Pule ini memiliki letak geografis yang strategis. Yakni berada di perbatasan dua kabupaten, Ngawi dan Magetan. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Magetan dan sisi utara berbatasan dengan Kabupaten Ngawi.

    “Justru ini menguntungkan, seperti segitiga emas. Pengunjung Kampung Ceria Desa Pule ini bukan hanya warga Madiun, tetapi juga dari Ngawi dan Magetan,” kata dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.