Minum Jus Jeruk Plus Kulitnya Bisa Tangkal Corona

Jus jeruk beserta kulitnya dipercaya bisa menangkal virus corona (Covid-19)

Minum Jus Jeruk Plus Kulitnya Bisa Tangkal Corona Ilustrasi. (freepik)

    Madiunpos.com, BOGOR -- Sejumlah ilmuwan dan akademisi berlomba-lomba  mencari cara mengatasi wabah virus corona (Covid-19). Kini, ilmuwan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) menemukan cara untuk menangkal Covid-19.

    Ingat ya, hanya menangkal, bukan mengobati. Caranya adalah dengan minum jus jeruk. Namun bukan sembarang jus jeruk, melainkan jus jeruk harus diminum bersama dengan kulitnya!

    Wahai PKL Madiun, Wawali Inda Raya Siap Beli Makananmu Lho

    Dilansir dari laman resmi IPB, tim dari IPB dan UI melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang ampuh melawan Covid-19. Tim tersebut antara lain terdiri atas  ilmuwan dari Fakultas Kedokteran UI, Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC). Kemudian Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.

    "Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus," ujar Guru Besar IPB, Prof Irmanida Batubara, seperti dilansir suara.com.

    Masuk Zona Merah Corona, Pedagang Sayur dari Magetan dan Madiun Dilarang Masuk Ponorogo

    Menurut Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC) itu, senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk.

    "Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya," tambah Prof Irmanida lagi.

    Jika Anda tidak kuat mengonsumsi makanan atau minuman pahit, Prof Irmanida punya solusinya. Yakni tak usah dibuat jus. Manfaat yang sama bisa didapat dengan membuat infused water. Namun harus tetap dengan kulit jeruknya.

    UN 2020 Ditiadakan, Stasiun Madiun Pun “Berubah” Nama

    Ia mengungkap beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh kita. Jangan lupa jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu.

    "Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya," tutupnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.