NORMALISASI SUNGAI : Normalisasi Anak Sungai Brantas Terhambat Kelangkaan Material

NORMALISASI SUNGAI : Normalisasi Anak Sungai Brantas Terhambat Kelangkaan Material Pekerja membangun tebing proteksi dan grounsill atau penahan lapisan sedimen anak Sungai Brantas di Kali Ngrowo, Tulungagung, Rabu (11/11/2015) (JIBI/Solopos/Antara/Destyan H Sujarwoko)

    Normalisasi sungai yang merupakan anak Sungai Brantas terkendala material.

    Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Pembangunan tebing proteksi dan groundsill atau konstruksi beton penahan sedimen di beberapa titik aliran anak Sungai Brantas di Kali Ngrowo, wilayah Tulungagung, Jawa Timur terancam molor. Proyek yang terkait dengan normalisasi itu terkendala material yang langka selama sebulan terakhir.

    "Ini masalah yang sedang kami hadapi sekarang. Pasir meski agak mahal tapi masih bisa didapat, namun untuk material batu susahnya minta ampun," ujar pengawas proyek BBWS Brantas di Tulungagung, Sri Wahyudi, Rabu (11/11/2015).

    Ia mengatakan pekerjaan yang saat ini berlangsung sebatas menghabiskan stok material yang masih ada. Jika material batu habis, ia memperkirakan proyek pembangunan tebing proteksi dan groundsill bakal terhenti sementara.

    Tunggul Normal
    Paket proyek untuk normalisasi sekaligus mencegah abrasi lapisan sedimen pada dasar sungai senilai Rp18,78 miliar tersebut hanya akan bisa dilanjutkan apabila suplai material kembali normal. "Seperti ini semua imbas dari kasus [konflik pertambangan] 'Lumajang'. Pengetatan aturan dan pengawasan terhadap seluruh aktivitas pertambangan batu dan pasir menyebabkan sebagian besar penambang sekarang memilih tiarap, dan akibatnya, pasokan material di pasaran hilang," ujarnya.

    Saat ini, dari tiga titik paket proyek pembangunan tebing proteksi dan groundsill di anak Sungai Brantas di Kali Ngrowo sudah mencapai 70%. Namun, karena metrial batu sudah hampir habis, aktivitas proyek dialihkan pada pengerukan dasar sungai serta finishing dinding tebing yang telah terpasang.

    "Kami akan lakukan evaluasi di akhir tahun. Jika memang nantinya tidak selesai dan penyebabnya adalah faktor nonteknis seperti ini, tentu akan ada kebijakan untuk dilanjutkan pada awal 2016," kata Sri Wahyudi.

    Ia menjelaskan, proyek normalisasi melalui pembangunan tebing proteksi dan groundsill itu digelar pihak BBWS Brantas guna mengantisipasi dampak penurunan dasar aliran Sungai Brantas yang rata-rata mencapai 0,75 m/tahun.

    3 Titik
    Kantor Berita Antara melaporkan sedikitnya ada tiga titik proyek tebing proteksi dan groundsill pada salah satu anak Sungai Brantas yang tengah dibangun oleh BBWS, yakni di Kali Ngrowo, Kedungwaru, serta Karangrejo.

    Menurut Wahyudi, selain untuk normalisasi sungai, pembangunan tebing proteksi dan groundsill lebih dimaksudkan agar lapisan sedimen pada dasar sungai dari daerah hulu dan hilir tidak terus terseret arus hingga muara di aliran induk Sungai Brantas.

    "Kalau dasar aliran anak sungai ikut turun, itu akan berpengaruh terhadap bangunan yang ada di sekitarnya. Sebab saat dasar sungai mengalami pendalaman, tanah di sekitar tebing sungai akan ikut bergerak yang menyebabkan kerusakan konstruksi di atasnya," kata Wahyudi.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.