Pendaki Asal Wonogiri Dikabarkan Meninggal Saat Mendaki Gunung Lawu

Seorang pendaki asal Wonogiri dikabarkan meninggal dunia saat hendak mendaki ke puncak Lawu.

Pendaki Asal Wonogiri Dikabarkan Meninggal Saat Mendaki Gunung Lawu Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Magetan. (madiunpos.com/Abdul Jalil)

    Madiunpos.com, MAGETAN -- Seorang pendaki Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur dikabarkan tewas. Korban diketahui bernama Angga, asal Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

    Informasi pendaki meninggal di Cemoro Sewu ini awalnya diterima sukarelawan Paguyuban Giri Lawu (PGL) dan Anak Gunung Lawu (AGL) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan. "Betul, tadi ada laporan dari tim sukarelawan PGL dan BPBD, bahwa ada satu korban meninggal dunia. Untuk detailnya kita belum tahu ya," ujar Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, Minggu (23/8/2020), seperti dikutip dari detik.com.

    Untuk memastikan kabar tersebut, jelas dia, kata Festo saat ini tim Polres Magetan telsh menuju Cemoro Sewu. Untuk evakuasi akan dilakukan berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti polisi dan juga TNI serta BPBD.

    Jalur Pendakian Cemoro Sewu Masih Ditutup

    "Saat ini sudah dilakukan koordinasi dengan Tim Basarnas dan juga Polsek, Koramil Plaosan, serta BPBD, Basarnas dan sukaelawan. Untuk memastikan kebenaran dan identitas korban," kata Festo.

    Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Magetan, Ari Budi, membenarkan kabar tersebut. ia mengaku mendengar kabar itu pada Minggu pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Dari informasi yang ia dapat, korban naik gunung bersama rombongannya pada Sabtu (22/8/2020) pukul 17.30 wib. Ia diijinkan naik ke puncak dari pintu Cemoro Sewu Kabupaten Magetan.

    "Dia lolos sehat karena di cek suhu badan tidak diatas 39 derajat Celsius," ujar dia.

    Kondisi Kian Parah

    Menurut rekan serombongan, lanjut Ari, korban kedinginan saat di pos 2, namun nekat terus mendaki. Sampai di pos 2, korban dan rekan-rekannya masih dalam keadaan baik-baik saja. Kemudian di pos tersebut mereka mendirikan tenda. Saat itu sekitar pukul 24.00 WIB. Namun, dua jam setelahnya, kondisi korban makin parah. Rekan-rekannya berusaha menolongnya dengan memberikan air hangat.

    Ribuan Pendaki Padati Gunung Lawu, 3 Pendaki Cedera

    " Sekitar pukul 03.00 WIB, dua teman korban turun ke pintu gerbang untuk melaporkan kondisi korban yang kian parah," lanjut dia.

    Korban diketahui meninggal pada pukul 07.00 Wib. Sepuluh anggota BPBD Magetan dikirim untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan APD lengkap.

    Kapolres menambahkan, pendaki yang ke puncak Gunung Lawu saat ini memang masih banyak. Apalagi masih bulan Sura yang dianggap sakral. Sementara Kapolsek Plaosan, AKP Munir, pada siang tadi mengaku bersama anggota masih menuju lokasi pintu pendakian Cemoro Sewu. "Betul tadi laporannya begitu ada pendaki yang meninggal," paparnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.