Perayaan Imlek di Kelenteng Hwie Ing Kiong Madiun Sepi di Tengah Pandemi

Tempat Ibadah Tri Dharma Hwie Ing Kiong Madiun terpantau sepi pada perayaan Tahun Baru Imlek 2572, Jumat (12/2/2021).

Perayaan Imlek di Kelenteng Hwie Ing Kiong Madiun Sepi di Tengah Pandemi Umat Tri Dharma bersembahyang dalam perayaan Tahun Baru Imlek di  Tempat Ibadah Tri Dharma Hwie Ing Kiong Madiun, Jumat (12/2/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Tempat Ibadah Tri Dharma Hwie Ing Kiong Madiun terpantau sepi pada perayaan Tahun Baru Imlek 2572, Jumat (12/2/2021). Padahal, biasanya kelenteng ini selalu raamai dikunjungi umat untuk bersembahyang saat perayaan Imlek.

    Pantauan Madiunpos.com di lokasi, Jumat pagi, terlihat ada beberapa warga etnis Tionghoa yang datang ke kelenteng yang berada di Jl. Cokroaminoto, Kota Madiun. Warga yang datang untuk bersembahyang di kelenteng tersebut silih berganti.

    Saat masuk ke klenteng, setiap warga diperiksa petugas dengan mengecek suhu badan. Di ruang utama, umat yang beribadah dibatasi hanya 10 orang. Setelah itu bergantian dengan warga lain.

    Kasus Klaster Keluarga Meledak, Pemkab Madiun Bikin Ruang Isolasi di Kecamatan

    Ketua TITD Hwie Ing Kiong Madiun, Iwan Budijanto, mengatakan pihaknya mempersilakan seluruh umat untuk datang ke TITD Hwie Ing Kiong untuk bersembahyang. Pihak kelenteng tidak melarang umat untuk bersembahyang pada perayaan Imlek tahun ini.

    “Tidak ada imbauan untuk beribadah di rumah. Umat boleh beribadah di sini, yang terpenting mematuhi protokol kesehatan. Sesuai kesepakatan, di ruang utama juga dibatasi hanya 10 orang supaya tidak terjadi kerumunan,” terang dia kepada wartawan.

    Umat Tri Dharma bersembahyang dalam perayaan Tahun Baru Imlek di  Tempat Ibadah Tri Dharma Hwie Ing Kiong Madiun, Jumat (12/2/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Iwan menyampaikan sejauh ini yang datang ke kelenteng memang tidak seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena pandemi Covid-19. Meski demikian, umat beribadah dengan khidmat dan tidak ada kendala apapun.

    Pada tahun ini, perayaan Tahun Baru Imlek dilaksanakan secara sederhana di kelenteng tersebut. Tidak ada kegiatan yang sifatnya perayaan seperti pertunjukkan barongsai dan lampion. Hal ini dilakukan supaya tidak menimbulkan kerumunan.

    Jelang Perayaan Imlek, Bongpay Sambirejo Sepi dari Peziarah

    Pada Jumat pagi terlihat ada beberapa warga yang datang ke kelenteng untuk meminta angpao. Kemudian petugas keamanan menjelaskan tahun ini tidak ada acara bagi-bagi angpao.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.