PERTANIAN MADIUN : Padi dengan Sistem Tanam Sebar Hasilkan 8 Ton Gabah/Ha

PERTANIAN MADIUN : Padi dengan Sistem Tanam Sebar Hasilkan 8 Ton Gabah/Ha Bupati Madiun Muhtarom memotong padi di sawah Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jumat (16/3/2018). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Pertanian Madiun, Bupati Muhtarom menanam padi dengan sistem tanam sebar.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Hasil panen padi yang ditanam dengan sistem tanam sebar di Desa Sidorejo, Kabupaten Madiun, mencapai 8 ton gabah per hektare (ha). Sedangkan padi yang ditanam dengan cara konvesional menghasilkan sekitar 6,5 ton hingga 7 ton ton per hektare.

    "Teknik tanam sebar ini merupakan inovasi dan bimbingan dari mantri, PPL, dan gapoktan. Hasilnya sangat luar biasa, karena meningkat jika dibandingkan dengan cara tanam yang biasa," ujar Bupati Madiun Muhtarom kepada wartawan, di Sidorejo, Madiun, Jumat (16/3/2018). Pada kesempatan itu, Bupati memanen padi jenis Ciherang yang ditanam dengan sistem tanam sebar.

    Muhtarom menambahkan teknik menanam padi dengan sistem tanam sebar ini sangat efisien, karena tidak ada pembenihan, tidak ditanam, langsung sebar, tanaman tumbuh, dan panen. Dengan demikian memotong biaya dan waktu untuk produksi.

    Di Kabupaten Madiun, inovasi sistem tanam sebar sudah dikenal sejak tahun 2013. Sistem tersebut telah digunakan di sejumlah wilayah di Kabupaten Madiun.

    "Untuk di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu ada seluas 196 hektare tanaman padi yaang ditanam dengan sistem tanam sebar. Sejauh ini kondisi produksi tanamannya tidak ada masalah," kata dia.

    Pemkab Madiun sangat mendukung inovasi para petani tersebut. Pemkab juga memberi kebebasan kepada para petani untuk memilih sistem tanam padi sesuai dengan kemampuan dan kondisi wilayah.

    Produksi padi tahun 2018 di Kabupaten Madiun ditargetkan mencapai mencapai 575.000 ton gabah kering panen (GKP). Dengan target tersebut, Kabupaten Madiun masih surplus sebanyak 270.000 ton setara beras.

    Setelah melakukan kegiatan panen raya, Bupati Madiun melakukann sarasehan bersama dengan petani setempat dengan tema Peningkatan Produksi Padi Kabupaten Madiun tahun 2018.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.