PLN Jatim Berikan Sambungan Listrik Gratis Bagi 25 Madrasah

PLN UID Jatim memberikan pemasangan jaringan listrik gratis untuk 25 madrasah.

PLN Jatim Berikan Sambungan Listrik Gratis Bagi 25 Madrasah Ilustrasi - Personel PLN UID Jatim. (Antara)

    Madiunpos.com,  SURABAYA -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memberikan sambungan listrik gratis kepada 25 madrasah di Jatim. Ini sebagai upaya mendukung peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di lingkungan madrasah.

    General Manager PLN UID Jawa Timur I Nyoman Astawa di Surabaya, Minggu, mengatakan total daya yang disambungkan ke 25 madrasah itu mencapai 5.350 VA. Madrasah itu tersebar di beberapa seperti Bojonegoro, Banyuwangi, Gresik, Jember, Kediri, Madiun, Mojokerto, Malang, Pamekasan, Ponorogo, Pasuruan, Surabaya Utara dan Situbondo.

    "Secara serentak, hari ini setelah disambungkan kemudian dilakukan penyalaan sambungan listrik gratis tersebut," kata Nyoman.

    Asyik, Bantuan Keringanan Bagi Pelanggan PLN di Jatim Diperpanjang

    Ia mengatakan, bantuan pasang gratis itu berasal dari Yayasan Baitul Mal PLN (badan yang menerima zakat, infak, sedekah karyawan PLN setiap bulan) dan program OMOH (One Man One Hope).

    "Sebelumnya kami telah mendapat data dari Kementerian Agama, kami bergerak cepat melakukan sampling survei ke Madrasah yang ada di Jawa Timur untuk penyambungan listrik," kata Nyoman, dalam siaran persnya seperti dilansir Antara.

    Ribuan Madrasah Belum Teraliri Listrik

    Dari data Kementerian Agama, kata dia, secara nasional terdapat belasan ribu madrasah yang belum teraliri listrik dan belum memiliki akses internet. Di Jatim sendiri terdapat sebanyak 2.945 madrasah yang belum teraliri listrik.

    PLN Jatim Kebanjiran Keluhan Pelanggan Soal Lonjakan Tagihan Listrik

    "Dari hasil sampling yang dilakukan terhadap madrasah yang belum berlistrik sesuai data kami, banyak madrasah didapati statusnya sudah berlistrik namun atas nama yayasan yang menaunginya," katanya.

    Oleh karena itu, PLN UID Jatim akan terus melakukan pendataan melalui survei dan verifikasi di lapangan guna memastikan jika ada madrasah yang belum berlistrik.

    "Kami berharap dengan bantuan sambung listrik gratis ini dapat mendukung keberlangsungan kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan kualitas peserta didik di madrasah," tuturnya.

    Tagihan Listrik Warga Tak Wajar, Ini Respons PLN

    Kepala Madrasah Aliyah Sirojut Tholibin, M Syaikhurrijal, berterimakasih atas bantuan sambungan listrik gratis dari PLN. "Dengan bantuan sambungan listrik ini membantu meningkatkan proses belajar mengajar di kelas, kantor, sarana kebersihan, koperasi sekolah. Semoga PLN terus jaya dan melanjutkan program bantuannya kepada semua pihak yang membutuhkan," katanya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.