PONDOK GONTOR : Catat! Begini Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Gontor 2016

PONDOK GONTOR : Catat! Begini Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Gontor 2016 Santri berjalan menuju asrama di kompleks Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo, Rabu (18/5/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Pondok Gontor, pendaftaran calon pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor dimulai 28 Juni 2016.

    Madiunpos.com,PONOROGO — Penerimaan calon pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor akan dibuka mulai 28 Juni 2016 melalui dua tahap.

    Sekretaris Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Fuad Fahmi, mengatakan ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pelajar Pondok Gontor. Yaitu mulai persayaratan administrasi hingga persyaratan kemampuan keagamaan.

    “Untuk pendaftaran calon pelajar biasanya dibedakan antara calon pelajar putra dan calon pelajar putri. Selain itu, calon pelajar juga harus mengikuti berbagai seleksi seperti tes tertulis dan tes lisan serta tes kemampuan agama,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Rabu (18/5/2016).

    Syarat pendaftaran Kulliyatu-l-Mu’allimin/Mu’allimat Al-/islamiyah (KMI) tahun ajaran 1437-1438/2016-2017, yaitu :

    1. Menyerahkan dua lembar fotokopi STTB terakhir atau surat keterangan lulus yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang

    2. Berbadan sehat dengan surat keterangan dokter dari Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) Pondok Modern Darussalam Gontor

    3. Menyerahkan pasfoto berwarna dengan ukuran 4X6 sebanyak empat lembar dan 3X4 sebanyak dua lembar (putra) dan pasfoto berjilbab putih berlatar belakang biru berukuran 4X6 sebanyak dua lembar dan 3X4 sebanyak delapan lembar (putri)

    4. Memenuhi ketentuan-ketentuan atau iuran-iuran yang telah ditetapkan pada waktu pendaftaran

    5. Menyerahkan satu lembar fotokopi akta kelahiran (putra) dan tiga lembar fotokopi akta kelahiran (putri)

    6. Menyerahkan satu lembar fotokopi KTP wali santri/yang mewakilinya (khusus putra )

    7. Menyerahkan satu lembar fotokopi kartu keluarga (khusus putri)

    8. Mendaftarkan diri sesuai dengan cara dan waktu yang telah ditentukan

    Syarat-syarat penerimaan :

    1. Berijazah Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtida’iyah (MI) atau yang sederajat untuk masuk kelas biasa dengan masa belajar enam tahun dan berijazah Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau sederajat untuk masuk kelas intensif dengan masa belajar empat tahun

    2. Mempunyai dasar agama seperti :

    a. Dapat membaca Alquran dengan baik

    b. Dapat mengerjakan ibadah sehari-hari dengan baik

    c. Dapat membaca dan menulis Arab dengan lancar

    3. Lulus dalam ujian masuk dan psikotes

    4. Sanggup bertempat tinggal di asrama yang telah disediakan

    Waktu dan Cara Pendaftaran :

    Pendaftaran calon pelajar Pondok Modern Darussalan Gontor dilaksanakan pada :

    1. Putra : tahap pertama mulai tanggal 23-28 Ramadan 1437/28 Juni-3 Juli 2016, dan tahap kedua pada 4-10 Syawwal 1437/9-15 Juli 2016, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur.

    2. Putri : tanggal 5-14 Syawwal 1437/10-19 Juli 2016 bertempat di Pondok Modern Gontor Putri Kampus 1 Sambirejo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur.

    Pelaksanaan ujian masuk KMI :

    1. Putra, ujian lisan: tahap pertama mulai tanggal 24-28 Ramadan 1437/29 Juni-3 Juli 2016, tahap kedua mulai tanggal 5-10 Syawwal 1437/10-15 Juli 2016. Untuk ujian tulis (serentak) yaitu pada tanggal 11 Syawwal 1437/16 Juli 2016 bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat Mlarak, Ponorogo.

    2. Putri,ujian lisan : tanggal 5-14 Syawwal 1437/10-19 Juli 2016 dan ujian tulis (serentak) pada tanggal 15 Syawwal 1437/20 Juli 2016 bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Sambirejo, Mantingan, Ngawi.

    Pelaksanaan Ujian Masuk KMI dan Materi Ujian :

    1. Ujian masuk KMI meliputi syafahi (ujian lisan) dan ujian tahriri (ujian tulis)

    2. Materi ujian syafahi meliputi psyco-test, membaca Alquran, tajwid, dan praktik ibadah (ibadah qauliyah dan ibadah ‘amaliyah)

    3. Materi ujian tahriri mencakup Imla’ (dikte tulisan Arab), Bahasa Indonesia, berhitung soal dan angkat (matematika dasar setara kelas VI SD)

    4. Tidak ada perbedaan antara materi ujian yang diujikan kepada calon pelajar lulusan SD/sederajat dengan calon pelajar yang berasal dari lulusan SLTP/sederajat

    “Dalam pelaksanaan ujian masuk KMI tidak diadakan ujian ulangan/susulan. Selain itu, waktu pelaksanaan ujian bisa berubah sewaktu-waktu,” kata Fuad Fahmi.

    Program Ujian Lanjutan dan Ujian Penempatan Kelas :

    1. Bagi calon pelajar yang telah lulus ujian masuk KMI diberi kesempatan untuk mengikuti program ujian lanjutan yaitu ujian akselerasi ke kelas yang lebih tinggi jika memenuhi syarat-syarat tertentu, di antaranya memiliki kemampuan dengan bekal keilmuan yang cukup untuk duduk di kelas yang lebih tinggi dari kelas 1 KMI

    2. Secara khusus, bagi calon pelajar putra dari kelas Intensif yang telah lulus ujian masuk KMI akan mengikuti ujian penempatan kelas setelah terdaftar sebagai siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Adapun materi yang akan diujikan pada ujian ini meliputi Matematika, Fisika, dan bahasa Inggris.

    “Pendaftaran calon pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor diadakan secara langsung di kampus dan tidak bisa dilaksanakan melalui korespondensi, telepon, atau Internet,” jelas Fuad.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.