Pria Ponorogo yang Bongkar Makam Istrinya Ternyata Mengalami Gangguan Jiwa

Robyek, 58, warga Dusun Kidul, Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, membongkar makam almarhum istrinya, Simpen, di tempat pemakaman umum desa setempat.

Pria Ponorogo yang Bongkar Makam Istrinya Ternyata Mengalami Gangguan Jiwa Kondisi makam Simpen setelah dibongkar suaminya, Robyek, di Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Kamis (25/11/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Robyek, 58, warga Dusun Kidul, Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, membongkar makam almarhum istrinya, Simpen, di tempat pemakaman umum desa setempat. Istrinya meninggal dunia pada 27 Oktober 2021.

    Diketahui Robyek ini ternyata merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Dari informasi warga sekitar, Robyek ini ternyata sangat sayang terhadap istrinya itu. Karena rasa sayangnya itu, Robyek tidak terima kalau istrinya meninggal.

    “Robyek itu sangat sayang istrinya. Ke mana-mana selalu diikuti. Istrinya belanja pun diikuti,” kata Sekretaris Desa Jonggol, Parni, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/11/2021).

    Parni yang merupakan tetangga dekat Robyek menuturkan mereka memiliki dua anak. Satu anaknya sudah berumah tangga di Batam dan satu anaknya yang lain juga sudah berumah tangga di desa tetangga.

    Peringati Hari Guru Nasional 2021, Dindik Kabupaten Madiun Beri Penghargaan kepada Guru Berprestasi

    “Robyek ini juga sangat cemburuan. Anaknya sendiri takut pulang ke rumah, karena ditakutkan Simpen [istri Robyek] dibawa anaknya,” ujarnya.

    Dia menceritakan kondisi ODGJ Robyek itu sudah lama. Namun, kondisinya memang terkadang sembuh dan kambuh. Selama ini, Robyek bekerja sebagai pencari rongsok.

    Sebelum diketahui meninggal dunia, kata Parni, Robyek sempat kebingunganan karena istrinya berdiam diri di tempat tidur. Saat itu, Robyek tidak mengetahui kalau istrinya meninggal dunia.

    Robyek membongkar makam istrinya di Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Rabu (24/11/2021). (Istimewa)

    “Selanjutnya, Robyek itu minta tolong ke tetangga untuk ngecek istrinya. Setelah dicek baru diketahui ternyata istrinya meninggal dunia,” kata dia.

    Kemudian istrinya dimakamkan di TPU Desa Jonggol. Beberapa hari setelah dimakamkan itu, pria ODGJ itu menggali makam istrinya. Namun, aksi nekat itu berhasil digagalkan oleh warga.

    Sepekan setelah kejadian pertama, pada Rabu (24/11/2021) siang, Robyek kembali membongkar makam istrinya itu. Bahkan sudah mencapai satu meter kedalamannya. Saat warga hendak menghentikan aksi tersebut, Robyek pun marah.

    Dapat Bisikan Gaib, Pria di Ponorogo Bongkar Makam Istrinya

    “Kemarin saat mau dihentikan warga, Robyek terlihat sangat marah. Akhirnya, kami memanggil petugas kepolisian untuk mengevakuasinya,” kata Parni.

    Saat ini, Robyek telah diamankan dan dibawa di RSUD dr. Harjono Ponorogo. Nantinya pria berusia 58 tahun itu bakal dirawat di rumah sakit jiwa.

    Warga berharap Robyek dirawat sampai sembuh terlebih dahulu. Setelah itu baru dikembalikan lagi ke masyarakat.

    “Ya dirawat dulu, supaya benar-benar lupa. Baru setelah itu bisa dikembalikan lagi ke rumah,” harapannya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.