Puluhan Hektare Sawah di Madiun Diserang Hama Jamur Oncom

Puluhan hektare lahan persawahan di Kabupaten Madiun diserang hama jamur oncom.

Puluhan Hektare Sawah di Madiun Diserang Hama Jamur Oncom Penampakan padi di sawah Madiun yang terserang hama jamur oncom, Rabu (3/3/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Puluhan hektare lahan persawahan di Kabupaten Madiun diserang hama jamur oncom. Para petani pun khawatir serangan hama jamur oncom ini bisa membuat rugi.

    Seorang petani di Madiun, Mursyid, mengatakan tanaman padi di sawahnya terserang hama jamur oncom atau ustilago. Dia menuturkan hama jamur oncom ini menempel di bulir-bulir padi yang siap panen.

    “Bentuk jamurnya itu menempel di bulir padi. Jamur oncom ini menyerang padi sejak berumur 10 pekan,” jelas dia, Rabu (3/3/2021).

    7.699 Guru di Madiun Disuntik Vaksin Covid-19, PTM Bisa Digelar?

    Mursyid mengatakan padi yang diserang jamur ini akan berubah warna dari kuning hingga menjadi kehitaman dan kuning. Serangan hama ini pun membuat kualitas padi menjadi rusak.

    Dia menuturkan satu petak area sawah yang biasanya mendapat 12 kuintal, tetapi setelah diserang hama ini hanya bisa menghasilkan 10 kuintal saja.

    “Selain diserang hama jamur oncom, tanaman padi juga diserang hama wereng,” kata dia.

    Mursyid menturkan serangan hama jamur oncom ini tidak hanya menyerang sawahnya saja. Tetapi juga menyerang lahan yang lain. Bahkan lahan persawahan yang terserang jamur oncom ini mencapai puluhan hektare.

    Innalillahi...Artis Top Era 90-an Rina Gunawan Meninggal Sesak Napas

    Dia berharap petugas dari Dinas Pertanian bisa membantu para petani untuk menyelesaikan permasalahan ini. Sehingga hasil panen tidak begitu terpuruk.

    Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Sumanto, mengatakan iklim yang berubah cukup ekstrem akhir-akhir ini berdampak pada munculnya hama dan sejumlah penyakit di tanaman. Hama yang kerap menyerang tanaman yakni wereng cokelat dan jamur.

    “Hampir semua komoditas pertanian terdampak. Ini terjadi hampir di semua wilayah,” jelas dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.