RSL Asrama Haji Madiun Siap Huni Sabtu Besok

Diperkirakan rumah sakit lapangan ini bisa ditempati pada Sabtu (24/7/2021).

RSL Asrama Haji Madiun Siap Huni Sabtu Besok Petugas memasang pagar di Rusunawa yang digunakan untuk tempat isolasi Covid-19, Kamis (22/7/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Penataan Rumah Sakit Lapangan (RSL) di Asrama Haji Kota Madiun masih terus berjalan. Diperkirakan rumah sakit lapangan ini bisa ditempati pada Sabtu (24/7/2021).

    Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan saat ini persiapan RSL Asrama Haji sudah mencapai 90%. Beberapa fasilitas penunjang seperti tempat tidur dan kamar mandi sudah siap. Kekurangan ada di sektor ketersediaan tabung oksigen.

    Selain itu, ketersediaan mobil ambulans juga dirasa kurang maksimal. Namun, dia memastikan itu bukan kendala berat dan akan dipenuhi dalam waktu dekat.

    Kasus Covid-19 Masih Ngegas, RSUD Caruban Tambah 13 Tempat Tidur

    "Untuk tenaga medis sudah siap. Nanti kalau ada kekurangan satu dua akan kita lengkapi sambil berjalan. Misalnya kekurangan sopir ambulans dan sebagainya," kata Maidi, Kamis (22/7/2021).

    Maidi menuturkan untuk proses penataan ruang isolasi di Rusunawa II juga masih terus dilakukan. Dengan adanya RSL Asrama Haji dan ruang isolasi Rusunawa II diharapkan bisa menekan Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit. Jika BOR bisa ditekan, Kota Madiun bisa lepas dari status PPKM Level 4.

    "PPKM berakhir 25 Juli, kalau tanggal 24 Juli nanti RSL dan Rusunawa II ini sudah kita buka. Harapannya BOR bisa ditekan. Selain itu, bantuan sosial terus kita gelontorkan. Dengan upaya ini harapannya kita bisa lepas dari PPKM Level 4 agar kemudian perlahan kita longgarkan," jelas Maidi.

    Remaja di Madiun Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

    Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Madiun, Denik Wuryani, mengatakan saat ini Asrama Haji dimanfaatkan sebagai tempat isolasi Covid-19. Nantinya Asrama Haji akan beralih status menjadi Rumah Sakit Lapangan. Nantinya pasien dengan gejala sedang hingga berat akan dirawat di situ.

    "Nanti ada area yang masih boleh dimasuki orang, ada yang harus steril sama sekali. Ini sedang dipersiapkan, termasuk tabung oksigen, nakes, dan dokternya," kata dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.