Setahun Pandemi, Tak Ada Warga di Kelurahan Kuncen yang Positif Covid-19

Pandemi Covid-19 telah melanda seluruh daerah di Indonesia hampir satu tahun, termasuk di Kota Madiun.

Setahun Pandemi, Tak Ada Warga di Kelurahan Kuncen yang Positif Covid-19 Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di jalan-jalan dan perkampungan warga di Kota Madiun, Rabu (16/9/2020). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pandemi Covid-19 telah melanda seluruh daerah di Indonesia hampir satu tahun. Salah satu daerah yang mencatatkan jumlah kasus positif meningkat terus yakni Kota Madiun, Jawa Timur.

    Pada Sabtu (23/1/2021), ada penambahan 17 orang positif Covid-19. Sehingga total kasus konfirmasi di Kota Madiun selama hampir satu tahun ini mencapai 861 orang.

    Hampir seluruh keluarah di Kota Madiun ada warganya yang terpapar virus corona. Namun, ada satu kelurahan yang dalam masa pandemi ini justru mencatatkan tidak ada kasus positif Covid-19. Yaitu Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman. Dari 27 kelurahan yang ada di Kota Madiun, hanya Kelurahan Kuncen yang nihil kasus konfirmasi positif.

    Dua Kapal Tabrakan di Perairan Gresik, Pencarian 5 ABK Hilang Terkendala Ombak Tinggi

    Data dari Satgas Penanganan Covid-19 setempat, keluarahan yang mencatatkan kasus positif terbanyak yaitu di Kelurahan Manisrejo dengan jumlah 69 kasus, Kelurahan Mojorejo dengan 57 kasus, Kelurahan Pandean dengan 57 kasus, dan Kelurahan Kelegen dengan 57 kasus.

    Sedangkan kelurahan dengan kasus konfirmasi positif paling sedikit yaitu Kelurahan Ngegong dengan tujuh kasus, Kelurahan Pilangbango dengan sebelas kasus, dan Kelurahan Patihan dengan 13 kasus.

    Lurah Kuncen, Mamad Hariyanto, mengatakan sejak awal pandemi hingga saat ini belum ada satu pun warga Kelurahan Kuncen yang terpapar virus corona. Dia mengklaim hal itu karena masyarakat di wilayahnya taat mematuhi protokol kesehatan.

    “Dari awal Covid-19 memang tidak pernah ada kasus. Masyarakat disiplin dalam mengenakan masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Minggu (24/1/2021).

    Ngeri! 4 Sekeluarga di Trenggalek Meninggal Beruntun, 3 Positif Covid-19

    Selain patuh terhadap protokol kesehatan, lanjut Mamad, jumlah warga di Kelurahan Kuncen memang sedikit. Dia menyebut jumlah penduduk di Kuncen hanya sebanyak 1.439 orang. Selain itu, sebagian besar yang tinggal di wilayahnya adalah warga lanjut usia dan pensiunan.

    “Memang aktivitas di luar cukup minim. Karena sebagian besar lansia, jadi pergerakannya tidak terlalu banyak. Ini tentu berbeda dari kelurahan lain yang jumlah penduduknya lebih banyak,” terang Mamad.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.