Setelah Aksi Bagi-Bagi Ayam, Kini Harga Ayam di Madiun Merangkak Naik

Harga ayam di tingkat peternak di wilayah Madiun saat ini sudah mengalami kenaikan.

Setelah Aksi Bagi-Bagi Ayam, Kini Harga Ayam di Madiun Merangkak Naik Peternak ayam broiler dari Kabupaten Madiun, Yusak Dwi Prasetyo memberikan keterangan terkait harga ayam broiler seusai beraudiensi dengan perwakilan Kementerian Pertanian di rumahnya di Kecamatan Wungu, Sabtu (18/4/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN — Harga ayam potong di tingkat peternak di wilayah Madiun Raya saat ini sudah merangkak naik. Saat ini harganya sudah sekitar Rp13.000/kg dari peternak.

    Peternak ayam broiler dari Kabupaten Madiun, Yusak Dwi Prasetyo, mengatakan harga ayam di tingkat peternak secara perlahan sudah mulai ada kenaikan. Hal ini terpantau setelah aksi bagi-bagi ayam gratis kepada masyarakat di depan Pasar Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, pada Kamis (16/4/2020). Aksi tersebut merupakan bentuk protes peternak terkait jatuhnya harga ayam broiler di tingkat peternak menjadi Rp6.000/kg.

    “Setelah aksi kemarain memang ada tren positif. Ada pergerakan harga yang membaik dari harga sebelumnya. Dari sebelumnya Rp6.000/kg menjadi Rp10.000/kg, Rp12.000/kg, dan kini Rp13.000/kg,” kata dia seusai audiensi dengan petugas dari Kementerian Pertanian di rumahnya, Sabtu (18/4/2020).

    Baznas Kota Madiun Salurkan Bantuan Rp45 Juta Bagi Warga Terdampak Covid-19

    Yusak berharap harga itu semakin membaik hingga bisa mencapai sesuai harga pokok penjualan (HPP) yaitu Rp17.000 sampai Rp17.500/kg. Terlebih sebentar lagi akan memasuki bulan Rumadan. Biasanya pada bulan Ramadan permintaan tinggi dan harganya juga bisa mencapai Rp20.000/kg.

    “Kalau kita tarik lima tahun ke belakang, setiap sepekan sebelum puasa Ramadan harganya bisa menyentuh angka antara Rp18.000/kg sampai Rp20.000/kg,” kata Yusak.

    Dia menyebut harga ayam yang saat ini Rp13.000/kg itu masih membuat peternak merugi. Menurutnya, harga ayam sesuai HPP saja peternak hanya impas, tidak untung dan tidak rugi. Apalagi dengan harga yang anjlok cukup tinggi.

    Dapur Umum di Rusunawa Madiun Inisiatif Polres

    “Saya berharap saat puasa nanti harga bisa menyentuh Rp19.000 sampai Rp20.000 per kilogram,” jelasnya.

    Peternak ayam potong dari Kabupaten Magetan, Bambang Sujarwanto, mengatakan saat ini harga ayam dari peternak memang sudah mengalami kenaikan hingga Rp12.000/kg. Sebelumnya harga ayam potong memang anjlok bahkan di Magetan ada yang mencapai Rp4.000/kg.

    “Saat ini memang harganya sudah merangkak naik. Tetapi harganya masih jauh dari angka HPP,” ujarnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.