Siap Hadapi New Normal, Pemkot Madiun Buka Sunday Market

Pemkot Madiun membuka kembali sejumlah pusat perekonomian dengan tatanan baru atau new normal.

Siap Hadapi New Normal, Pemkot Madiun Buka Sunday Market Sejumlah warga beraktivitas di kawasan Sunday Market yang ada di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun, Minggu (7/6/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun siap menghadapi tatanan hidup baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Berbagai tempat yang menjadi pusat perekonomian masyarakat sudah mulai dibuka.

    Dengan dimulainya tatanan hidup baru ini diharapkan masyarakat bisa segera beradaptasi dan tentunya lebih patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19.

    Dimulainya new normal di Kota Madiun ini salah satunya ditunjukkan dengan dibukanya kawasan Sunday Market di Taman Lalu Lintas Bantaran. Kegiatan setiap hari Minggu ini secara resmi dibuka oleh Wali Kota Madiun, Maidi, Minggu (7/6/2020) pagi.

    Kota Madiun, Kota Yang Punya Banyak Julukan

    Agenda rutin setiap Minggu ini dibuka lagi dengan beragam peraturan dan pemberlakuan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Jumlah pedagang dan pengunjung pun dibatasi. Saat ini arena yang digunakan untuk Sunday Market hanya sebagian dari luas Taman Lalu Lintas. Para pedagang dan pengunjung yang datang ke lokasi juga terlihat mengenakan masker.

    Untuk lapak pedagang telah ditata oleh pemerintah yakni dengan diberi jarak dua meter antarpedagang. Sebagian pedagang yang berjualan di kawasan itu yakni pedagang makanan dan pedagang kebutuhan yang digunakan selama pandemi terjadi.

    Wali Kota Madiun, Maidi, dan sejumlah pejabat saat meninjau Sunday Market di era new normal, Minggu (7/6/2020).

    Maidi menyampaikan Sunday Market sudah ditutup sekitar tiga bulan atau sejak wabah virus corona muncul di Indonesia. Namun, setelah melihat perkembangan dan memperhatikan aspek perekonomian masyarakat. Akhirnya Pemkot Madiun memutuskan untuk membuka lagi kegiatan masyarakat tersebut.

    BIN Perpanjang Rapid Test Massal di Surabaya

    “Kota Madiun sudah siap menghadapi new normal. Kita sudah mulai menerapkan kehidupan dengan tatanan baru sejak bulan lalu,” kata dia.

    Stabilitas Ekonomi

    Dengan dibukanya tempat-tempat perekonomian masyarakat, lanjut Maidi, harapannya stabilitas ekonomi di Madiun tetap terjaga dan perekonomian masyarakat juga bisa berkembang. Masyarakat harus memulai aktivitas seperti biasa, meskipun harus berdampingan dengan Covid-19.

    Wali Kota menegaskan masyarakat juga harus lebih patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Seperti mengenakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun, dan selalu menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain.

    Update Covid-19 Jatim! 48 Pasien Sembuh, 21 Meninggal

    “Kegiatan ekonomi semua dijalankan. Salah satunya Sunday Market ini. Ini kondisi new normal yang harus kita jalani,” tegasnya.

    Dengan dibukanya pusat perekonomian masyarakat, nanti saat kondisi sudah normal masyarakat bisa langsung beradaptasi dan perekonomian juga bisa langsung jalan. Sehingga dampak ekonomi tidak terlalu berat.

    Maidi menyampaikan nantinya kalau pelaksanaan Sunday Market di era new normal berjalan dengan baik dan semuanya mematuhi protokol kesehatan. Pemkot akan memperluas tempat berjualan, sehingga semakin banyak pedagang yang bisa berjualan. (ADV)



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.